Masuk 10 Besar Miss Universe 2019, Ini Profil Frederika Cull

Hari Widowati
9 Desember 2019, 13:22
profil Frederika Cull, Miss Universe 2019, Puteri Indonesia 2019, Indonesia masuk 1 besar Miss Universe 2019,
TWITTER @frederikacull_
Puteri Indonesia 2019 Frederika Cull masuk dalam jajaran sepuluh besar (Top 10) di ajang Miss Universe 2019, di Amerika Serikat.

Frederika Alexis Cull mengharumkan nama Indonesia di kancah global setelah masuk sepuluh besar (Top 10) kontestan di ajang Miss Universe 2019. Ia menjadi wakil pertama dari Indonesia yang merebut gelar ini sekaligus berada di posisi lima besar Miss Universe dari Asia Pasifik dan Afrika.

Ajang Miss Universe ke-68 ini diadakan di Tyler Perry Studios, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS) dan disiarkan pada 8-9 Desember 2019 waktu setempat. Erika, nama panggilan akrab Frederika Cull, mewakili Indonesia setelah dinobatkan menjadi Puteri Indonesia 2019 pada 8 Maret lalu. Ia merupakan kontestan yang mewakili Provinsi DKI Jakarta 1 dan mengalahkan kontestan dari 33 provinsi lainnya.

Dalam ajang Miss Universe, Erika menggunakan beberapa baju hasil rancangan desainer kondang Indonesia. Ia menggunakan kebaya dari Anne Avantie, busana Winter Look dari Revashion, gaun karya Hian Tjien, dan gaun dari Priyo Oktaviano.

Pakaian yang dikenakannya di kompetisi national costume yang bertajuk ‘Sang Wanita’ bernuansa coklat keemasan dirancang oleh Mayaratih Couture. Sementara itu, dalam kompetisi gaun malam, ia menggunakan gaun berwarna emas rancangan Tex Saverio. Warna tersebut adalah warna favorit Erika.

Sang Wanita
Sang Wanita (TWITTER @MissUniverse)

Menjadi Model Sejak Usia 9 Tahun

Erika lahir di Gold Coast, Queensland, Australia pada 5 Oktober 1999. Ayahnya yang berdarah Inggris, Rayn Cull, sudah lama tinggal di Brisbane, Australia. Sementara, ibunya yang bernama Yulia Peers berasal dari Lampung. Saat ini, Erika terdaftar sebagai mahasiswa tahun akhir jurusan Manajemen Bisnis Internasional di Australian Independent School Indonesia.

Erika menekuni dunia modelling sejak berusia 9 tahun. Ia mengenyam pendidikan dasar di British School Jakarta (BSJ), di sini ia mengasah kemampuannya untuk fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Kefasihannya ini yang membuat ia menang di Puteri Indonesia 2019 lalu.

Meski berasal dari keluarga yang berkecukupan, ia tetap peduli pada sesama. Dilansir dari Instagram pribadinya, ia aktif dalam beberapa kegiatan sosial. Ia adalah pendiri yayasan nirlaba bernama Voice of Voiceless yang fokus pada pencatatan akta kelahiran pada anak-anak Indonesia.

“Tingginya data anak-anak yang tidak didokumentasikan ini berhubungan dengan tingginya tingkat putus sekolah, penjualan anak, pekerja anak, pernikahan anak, dan kurangnya akses ke pelayanan sosial, pendidikan, dan kesehatan anak-anak,” ujar Erika seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...