Pertamina EP Ungkap Progres Pengeboran Tiga Sumur Eksplorasi

Image title
9 Desember 2019, 17:32
pertamina ep ungkap progres pengeboran di tiga sumur eksplorasi. ini bisa meningkatkan produksi migas
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi, pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) usai prosesi Tajak Sumur di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

Pertamina EP tengah mengebor tiga sumur eksplorasi dari beberapa wilayah kerja yakni TJA-001, ASB-002, dan WOL-002. Pengeboran ketiga sumur ini bakal meningkatkan produksi minyak dan gas (migas) perusahaan.

Exploration & New Discovery Project Director PT Pertamina EP Achmad Alfian Husein mengatakan, perusahaan tengah menguji coba produksi dengan Drill Stem Test (DST) di sumur Tulip Jingga 1 atau (TJA-001). Uji coba tahap pertama dan kedua menunjukkan adanya minyak, namun tidak terukur.

Kini, perusahaan tengah menguji coba DST tahap tiga. “Berhasil mengalirkan gas dan kondensat yang akan bisa dibukukan sumber dayanya. Akan selesai dihitung setelah post drilled evaluation," kata Alfian kepada Katadata.co.id, hari ini (9/12).

(Baca: SKK Migas Catat 8 Kontraktor Garap Pengeboran 10 Sumur Eksplorasi)

Sedangkan sumur Akasia Besar (ASB-002) di Indramayu memasuki tahap pengeboran coring guna mengetahui kualitas migas. Kemudian sumur Wolai-002 di Banggai, Sulawesi Tengah dalam tahap pengeboran.

Dia memperkirakan, sumur Wolai-002 selesai pada Januari 2020. “Ini untuk menambah sumber daya gas di sana," ujar Alfian.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat ada 10 kegiatan pengeboran sumur eksplorasi per 4 Desember 2019. Ada delapan Kontraktor Kontrak Kerja Sama atau (KKKS) yang mengebor.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...