IHSG Diprediksi Kembali Melemah, Ini Rekomendasi Saham dari Analis

Image title
11 Desember 2019, 06:39
ihsg, rekomendasi saham, ihsg melemah, ihsg hari ini
ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN
Ilustrasi. IHSG pada perdagangan Selasa (10/12) ditutup melemah 0,17% di level 6.183,50.

IHSG pada perdagangan hari ini, Rabu (11/12) diprediksi kembali melemah oleh beberapa analis berdasarkan analisis teknikal. Indeks kemarin ditutup terkoreksi 0,17% di level 6.183,50.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi menyebutkan, IHSG akan bergerak di zona merah pada area support dan resistance di level antara 6.110 hingga 6.190. "Kami perkirakan IHSG akan bergerak cenderung terkonsolidasi negatif pada perdagangan hari ini," kata Lanjar melalui risetnya.

Tensi perdagangan Amerika Serikat dan Tiongkok menjadi katalis utama yang mempengaruhi investor. Pasar menunggu tanda-tanda kesepakatan sebelum tenggat waktu kenaikan tarif baru AS atas sejumlah barang Tiongkok pada 15 Desember.

Saham-saham yang masih dapat dicermati secara teknikal, di antaranya PT Charon Pokphand Indonesia Tbk berkode CPIN, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk berkode JPFA, PT Bank Danamon Indonesia Tbk atau BDMN. Lalu saham PT Alam Sutra Realty atau ASRI, PT Ace Hardware Indonesia Tbk atau ACES, dan PT Bekasi Fajar Industrial Estate berkode BEST. 

Advertisement

(Baca: Khawatir Perang Dagang Memanas, IHSG dan Bursa Asia Berguguran)

Senada, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memperkirakan, IHSG hari ini terkoreksi pada rentang support 6.173 hingga 6.163. Sementara, area resistance berada di level 6.215 hingga 6.199.

"Kami mengindikasikan adanya potensi koreksi dalam jangka pendek. Investor akan cenderung wait and see menanti keputusan suku bunga The Fed," kata dia.

Saham-saham yang menurutnya bisa diperhatikan oleh investor pada perdagangan hari ini seperti PT Ciputra Development  Tbk atau CTRA, PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BBNI, dan  PT Sawit Sumbermas Sarana  Tbk atau SSMS.

(Baca: Meski ada Gejolak Global, OJK Klaim Pasar Modal Nasional Masih Positif

Di sisi lain, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama memprediksi, IHSG bergerak menguat berdasarkan analisis teknikal. "Adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG hari ini sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," katnya.

Area resistance yang dia maksud berada di rentang pada level 6.239,00 hingga 6.274,29. Sementara, potensi area support pada laju IHSG hari ini memiliki rentang pada level 6.167,41 hingga 6.119,42.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lainPT Elnusa Tbk berkode ELSA, PT Indomobil Sukses Internasional Tbk atau IMAS, PT Jasa Marga Tbk atau JSMR. Kemudian saham PT Mayora Indonesia atau MYOR,  PT Unilever Indonesia Tbk atau UNVR, dan PT Wijaya Karya Beton Tbk atau WTON.

 

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement