Bangkok Bank Bakal Akuisisi 89% Saham Bank Permata Senilai Rp 37 T

Agustiyanti
12 Desember 2019, 18:28
Seorang nasabah bertransaksi di ATM PT Bank Permata Tbk, kawasan World Trade Center 2, Sudirman,  Jakarta Selatan (18/3). 
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi. Bangkok Bank Public Company Limited bakal mengambil alih 89,12% saham PT Bank Permata Tbk dari Standard Chartered dan Astra Internasional.

Bangkok Bank Public Company Limited bakal mengambil alih 89,12% saham PT Bank Permata Tbk. Nilai akuisisi tersebut diperkirakan mencapai sekitar Rp 37,43 triliun.

Bangkok Bank saat ini telah menandatangani perjanjian pembelian saham bersyarat dengan Standard Chartered Bank dan PT Astra Internasional Tbk. Keduanya saat ini mengantongi saham Permata masing-masing sebesar 44,56%.

Advertisement

Transaksi ditargetkan akan rampung pada tahun depan dengan nilai akusisi sebesar 1,77 kali lipat dari nilai buku Permata yang masih akan disesuaikan.

Berdasarkan nilai buku Permata pada 30 September 2019, harga pembelian indikatif sebesar Rp 1.498 per saham dan nilai transaksi indikatif mencapai Rp37,43 triliun untuk 89,12% saham atau Rp 42 triliun untuk 100% saham. Harga pembelian indikatif setara dengan 1,77 kali nilai buku tersebut.

Kendati demikian, nilai akuisisi ini masih akan mengalami beberapa penyesuaian sebagaimana tercantum dalam laporan keuangan terakhir yang diterbitkan Permata sebelum penyelesaian transaksi. Adapun transaksi akan tunduk pada sejumlah kondisi, termasuk persetujuan regulator yakni Bank of Thailand dan Otoritas Jasa Keuangan serta persetujuan rapat umum pemegang saham Bangkok Bank.

(Baca: Sebelum Rabobank, Ini Bank-Bank yang Diakuisisi BCA)

Sementara itu, kewajiban untuk melakukan penawaran terhadap pemegang saham monioritas atau mandatory tender offer sebesar 10,88% saham akan dilakukan setelah akuisisi 89,12% saham rampung.

“Kami meyakini bahwa sektor perbankan Indonesia siap untuk terus tumbuh dan tetap mempertahankan marjin yang sehat. Permata menawarkan platform kokoh yang melengkapi tujuan strategis kami," ujar Presiden Bangkok Bank Chartsiri Sophonpanich dalam keterangan resmi yang diperoleh Katadata.co.id, Kamis (12/12)

Sophonpanich menjelaskan, Permata memiliki jaringan distribusi yang luas, merek ritel yang kuat, serta kecanggihan kemampuan digital guna memperluas pasar Bangkok Bank di Indonesia. Adapun pihaknya akan terus mendukung Permata dalam menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi, serta mempromosikan inklusi dan literasi keuangan.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement