BCA Akuisisi Rabobank dengan Nilai Transaksi Rp 397 Miliar

Image title
12 Desember 2019, 08:00
BCA, Rabobank
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, logo BCA. Bank BCA mengakuisisi Rabobank Indonesia senilai Rp 397 miliar.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menandatangani perjanjian jual beli saham PT Bank Rabobank International Indonesia. Berdasarkan perjanjian, BCA membeli 3.719.070 saham Rabobank Indonesia dengan total nilai transaksi sebesar Rp 397 miliar.

Dengan begitu, BCA menjadi pemegang seluruh saham bank tersebut."Nilai itu akan disesuaikan dengan memperhitungkan pendapatan atau kerugian Rabobank Indonesia pada saat tanggal penyelesaian Rencana Transaksi (transaction closing)," dikutip dari Keterbukaan Informasi, Rabu (11/12).

Adapun akuisisi tersebut bertujuan untuk mengembangkan bisnis anak usaha BCA. Perseroan juga menyatakan bakal mengkaji kemungkinan penggabungan bank yang diambil alih dengan entitas anak usaha BCA.

Sebelumnya, Presiden Direktur BCA Jahja Setiadmaja mengatakan ada beberapa rencana terkait akuisisi bank, yaitu menggabungkan dengan BCA Syariah, melebur ke dalam BCA, atau digabungkan dengan Bank Royal yang rencananya diubah menjadi bank digital.

"Kami kan mesti cari dulu, (butuh waktu) lama. Saat ini belum ada progresnya, mau bereskan satu dulu, (akuisisi) Bank Royal," kata Jahja usai mengakuisisi Bank Royal, di Jakarta, Rabu (30/10).

(Baca: Harga Saham Tembus Rekor Tertinggi, Bos BCA: Tidak Ada Stock Split)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...