Tahun Depan Investree Ekspansi ke Filipina dan Thailand

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Happy Fajrian

12/12/2019, 17.54 WIB

Bulan ini Investree menandatangani joint venture partnership untuk ekspansi ke Filipina, dan menyiapkan perizinan ekspansi ke Thailand di kuartal I 2020.

investree ekspansi,
Arief Kamaludin | KATADATA
Investree akan menandatangani perjanjian joint venture partnership untuk ekspansi ke Filipina, dan akan menyiapkan perizinan untuk ekspansi ke Thailan pada kuartal I 2020.

Perusahaan financial technology (fintech) PT Investree Radhika Jaya (Investree) memastikan akan mulai ekspansi ke dua negara ASEAN, yaitu Filipina dan Thailand pada 2020.

"(Ekspansi) Thailand kami akan siapkan perizinan di kuartal I tahun depan. Bulan ini kami tanda tangan joint venture partnership untuk ekspansi ke Filipina," ungkap Chief Executive Officer (CEO) Investree Adrian Gunadi di Jakarta, Kamis (12/12).

Setelah rampung mengurus perizinan di Thailand, fintech yang berdiri di 2015 itu untuk pertama kalinya akan mulai berbisnis di luar negeri dengan nama Investree.

Investree juga telah hadir di Vietnam dengan nama eLoan sejak awal 2018. Saat ini kepemilikan Investree di eLoan hanya sebesar 10%, namun Adrian mengungkapkan bahwa pihaknya berencana meningkatkan kepemilikan sahamnya.

(Baca: Dapat Tambahan Modal, Investree Siap Ekspansi ke Thailand)

"Sampai saat ini belum ada ekspansi, baru mulai di 2020. Kalau sudah ada regulasi yang mengatur peran dari asing berapa persen lokal berapa persen, kami mau tambah (saham)," ujarnya.

Dipilihnya kedua negara tersebut sebagai target ekspansi karena Investree menilai ada potensi yang besar dari ceruk pendanaan. Produk yang ditawarkan di kedua negara itu pun serupa dengan layanan yang telah ada di Indonesia seperti invoice financing, supply chain financing, dan pemberian solusi e-procurement.

Terkait pendanaan untuk ekspansi, Gunadi tidak menjawab secara spesifik. Dia hanya menjelaskan bahwa saat ini Investree akan mendapatkan pendanaan seri C tanpa menyebut berapa nilainya.

(Baca: Ekspansi ke Regional, Investree Terus Galang Pendanaan Seri C)

Adapun tahun lalu, Investree mendapatkan pendanaan seri B dari beberapa investor di antaranya SBI Holding, Mandiri Capital Indonesia, Persada Capital, Endeavor Catalyst, 9F Fintech Holdings Group, dan Kejora Ventures.

Dari 2015 mulai berdiri sampai Desember ini, Investree sudah menyalurkan pinjaman sebesar Rp 4,2 triliun. Tahun ini, Investree menyalurkan pinjaman dengan total Rp 2,4 triliun, meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1 triliun.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan