Ikut Arahan Erick Thohir, Pertamina Berencana Gabungkan Anak Usaha

Rizky Alika
13 Desember 2019, 21:07
Pertamina, Kementerian BUMN, Erick Thohir, BUMN
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Ilustrasi, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati memberikan keterangan pers di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (12/12/2019). Nicke menyatakan bakal menggabungkan anak usaha sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan siap memangkas anak usaha sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir. Selain itu, pihaknya bakal mengikuti keputusan Kementerian BUMN untuk menggabungkan anak usaha berdasarkan bisnis yang sejenis.

Nicke pun mengaku diberi waktu satu bulan untuk mengkaji seluruh kinerja anak usaha dan cucu usaha Pertamina. "Tahun depan kami sudah ada gambaran bagaimana rencana rekstrukturisasinya," kata Nicke di Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (13/12).

Lebih lanjut dia mengaku selalu mengawasi kinerja anak perusahaannya. Jumlah anak dan cucu usaha Pertamina saat ini tercatat mencapai 142 perusahaan yang sebagian besar bergerak di sektor hulu migas.

"Sebab setiap wilayah kerja migas itu harus dalam satu perusahaan. Ketentuannya seperti itu," ujar dia.

Selain anak usaha di sektor hulu migas, Pertamina juga memiliki banyak anak usaha yang bergerak di bisnis hotel. Melalui PT Patra Jasa, perseroan memiliki bisnis hotel dan gedung kantor yang cukup popular, seperti The Patra Bali Resort & Villas di Kuta, Patra Semarang, Patra Comfort Bandung, Patra Comfort Jakarta, Patra Comfort Anyer, dan Patra Comfort Parapat.

(Baca: Erick Thohir Akan Gabung 85 Hotel BUMN, Siapa Saja Pemiliknya?)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...