Jadi Wantimpres, Bos Mayapada Tahir Ingin Tekan Kemiskinan di Desa

Rizky Alika
13 Desember 2019, 19:59
mayapada, dato sri tahir, dewan pertimbangan presiden, wantimpres, sukarwo
bankmayapada.com
Pemilik Grup Mayapada Dato Sri Tahir ditunjuk menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres.

Presiden Joko Widodo menunjuk Pemilik Grup Mayapada Dato Sri Tahir sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres. Tahir menyatakan bakal fokus pada isu pengentasan kemiskinan di desa.

"Saya mau pengentasan kemiskinan di desa. Itu passion," kata Tahir di Kompleks Istana, Jakarta, Jumat (13/12)

Pengentasan kemiskinan seharusnya dapat diselesaikan dengan uang pajak. Namun pada praktiknya, percepatan pengentasan kemiskinan membutuhkan peran swasta, terutama pada perbaikian pendidikan dan kesehatan.  

Menurutnya, pengentasan kemiskinan semestinya dapat dilakukan dengan pembayaran pajak sesuai dengan tingkat kesejahteraan penduduk. Namun pada praktiknya, pengentasan kemiskinan dapat dilakukan dengan menggandeng pihak swasta, terutama pada perbaikan pendidikan dan kesehatan. 

Kendati demikian, menurut Tahir, pembagian tugas kerja baru akan dilakukan saat rapat dengan Ketua Wantimpres Wiranto pada Senin pukul 09.30 WIB. "Jadi fokus saya akan menunggu penugasan nanti," ujar dia.

(Baca: Faktor Pengalaman Jadi Alasan Jokowi Tunjuk Wiranto Sebagai Watimpres)

Tahir mengatakan, dihubungi oleh Sekretariat Negara untuk menjadi anggota Wantimpres sejak dua hari lalu. Dia memperkirakan alasan Presiden Jokowi menunjuk dirinya karena pernah menjabat sebagai utusan khusus presiden di bidang investasi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...