Sejarah Festival Musik DWP yang Pernah Vakum dan Ditolak Massa

Sorta Tobing
13 Desember 2019, 16:56
dwp 2019, dwp ditolak, ormas tolak dwp, dwp adalah
www.djakartawarehouse.com
Festival musik Djakarta Warehouse Project atau DWP ketika berlangsung di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Bali pada 2018.

Djakarta Warehouse Project atau DWP 2019 akan berlangsung mulai hari ini, Jumat (13/12), hingga dua hari mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara itu mengundang penolakan dari beberapa pihak.

Salah satunya, Gerakan Pribumi Indonesia (Gerprindo). Pendukung organisasi masyarakat (ormas) ini melakukan unjuk rasa ke Balai Kota, Jakarta pada Rabu lalu. Dilansir dari Tirto.id, para pendemo menuntut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuktikan komitmenya meniadakan kemaksiatan di ibu kota.

Selain Geprindo, Gerakan Pemuda Islam atau GPI juga berencana melakukan aksi penolakan ketika DWP berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

DWP adalah festival musik tahunan yang diselenggarakan oleh Ismaya Live. Musik-musik yang dipasang mayoritas bergenre EDM atau electronic dance music.

(Baca: YouTube Music Diliris, Saingan Baru Apple Music dan Spotify)

Sejarah DWP

Awal mula DWP adalah Blowfish Warehouse Project pada 2008. Acara ini diselenggarakan di klub malam ternama di Jakarta bernama Blowfish. Konsepnya ketika itu adalah indoor music festival. Sebanyak lima ribu pengunjung menikmati lantunan EDM.

Meskipun sukses di tahun pertama, acara ini tidak berlangsung pada 2009. Vakum setahun, DWP hadir kembali pada 24 April 2010. Namun tiga minggu sebelum jadwal, terjadi bentrokan yang merusak lokasi acara.

Panitia lalu memindahkan lokasinya ke Pantai Karnaval Ancol, Jakarta Pusat. Momen ini menjadi langkah untuk mengubah konsep acaranya dan nama Djakarta Warehouse Project pun muncul.

Panitia ketika itu mengundang para disk jockey atau DJ dari mancanegara. Sukses membuat DWP 2010, tahun berikutnya acara ini lebih meriah lagi. Ada 25 bintang tamu, termasuk Agnes Monica, Sherina, dan Ello.

(Baca: Layanan Musik Gratis Amazon Pukul Saham Spotify Turun US$ 7,25)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...