Sengketa Lahan Beres, Lotte Siap Bangun Pabrik di Area Krakatau Steel

Image title
13 Desember 2019, 17:32
lotte chemical, krakatau steel, bangun pabrik, sengketa lahan
Arief Kamaludin | Katadata
Lotte Chemical Indonesia dan Krakatau Steel berhasil menyelesaikan masalah sengketa lahan yang membuat rencana pembangunan pabrik mangkrak hampir empat tahun.

PT Lotte Chemical Indonesia (Lotte) dan PT Krakatau Steel Tbk akhirnya bisa menyelesaikan masalah sengketa tanah yang membuat rencana pembangunan pabrik petrokimia di Cilegon, Banten, mangkrak hampir empat tahun lamanya.

Lotte akan membangun pabrik tersebut dengan total investasi mencapai US$ 4,2 miliar atau sekitar Rp 58,8 triliun (kurs Rp 14.000/US$) di lahan seluas 100 hektare (ha). Lotte akan menggunakan lahan milik Krakatau Steel seluas 60 ha dengan kerja sama penjualan, penyewaan dan kesepakatan bersama.

Namun pembangunan pabrik tersebut terhambat lantaran adanya mafia tanah walaupun tanah tersebut dimiliki oleh Krakatau Steel. Akhirnya masalah lahan itu diselesaikan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama Kejaksaan Agung.

"Selain persoalan tumpang tindih, mafia tanah juga tidak perlu disembunyikan. Persoalan ini sudah mangkrak hampir empat tahun," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, di Jakarta, Jumat (13/12).

(Baca: Lotte Chemical Tambah Investasi Bangun Pabrik di Cilegon jadi Rp 60 T)

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...