SKK Migas Ungkap Temuan Minyak di Blok Kuala Pambuang

Image title
14 Desember 2019, 13:00
SKK Migas, Blok Migas, cadangan minyak, eksplorasi migas
Katadata
Ilustrasi, kegiatan eksplorasi lepas pantai. SKK Migas menyebut ada temuan cadangan minyak di Blok Kuala Pambuang.

Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Julius Wiratno menyatakan kontraktor Mentari Kuala Pambuang berhasil menemukan minyak di Blok Kuala Pambuang. Perusahaan itu pun tengah uji coba produksi dengan teknik Drill Stem Test (DST) untuk menghitung cadangan minyak di blok migas tersebut.

Adapun, penemuan minyak didapat dari hasil pengeboran sumur eksplorasi dengan kedalaman 3900 kaki.  "Sepertinya hasil tes positif minyak, tapi belum konklusif, kami akan sampaikan segera," ujar Julius kepada Katadata.co.id, Jumat (13/12).

Advertisement

SKK Migas pun mencatat ada 10 kegiatan pengeboran sumur eksplorasi yang dikerjakan delapan kontraktor migas, yaitu sumur Kuala Pambuang-1 yang dikerjakan Mentari Pambuang Int Ltd, sumur Belato-2  yang dikerjakan Sele Raya Merangin Dua, sumur Anggun yang dikerjakan Repsol, dan sumur PB-1 oleh Texcal Mahato.

(Baca: Lima Cara SKK Migas Capai Target Produksi 1 Juta Barel Minyak)

Ada juga sumur TJA-001, ASB-002, dan WOL-002 yang dikerjakan Pertamina EP. Sedangkan Pertamina Hulu Energi (PHE) mengerjakan sumur NWY-1 di Blok ONWJ, sumur West Mudi A-11 di Blok Tuban East Java (TEJ), dan sumur Bingo-01 di Blok Kampar.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala SKK Migas Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) Nurwahidi menjelaskan beberapa perkembangan pengeboran sumur eksplorasi di wilayah Jabanusa. Salah satunya sumur West Mudi A-11 di Blok TEJ yang dikerjakan PHE.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement