Jokowi ke PSSI: Masyarakat Indonesia Tunggu Prestasi dari Sepak Bola

Dimas Jarot Bayu
16 Desember 2019, 11:29
Jokowi, sepak bola, PSSI
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Presiden Jokowi meminta PSSI berbenah agar sepak bola Indonesia berprestasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/12). Dalam pertemuan tersebut, Jokowi meminta pengurus PSSI memajukan prestasi sepak bola Indonesia. 

Pasalnya, masyarakat Indonesia menanti prestasi dari sepak bola nasional. "Saya ingin juga sedikit memberikan pesan kepada seluruh jajaran PSSI bahwa sepak bola Indonesia ditunggu oleh masyarakat," ujar Jokowi.

Apalagi Indonesia bakal menjadi tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Jokowi ingin pengurus PSSI mempersiapan ajang tersebut dengan matang. 

“Betul-betul saya minta segala sesuatu disiapkan, mulai dari promosi acara, melihat lagi transportasi, akomodasi, stadion, karena ini event yang tidak mudah didapatkan,” kata Jokowi.

(Baca: Menjelang Piala Dunia U-20, Ini Persiapan Tiga Kota di Indonesia)

Berdasarkan data Federation of International Football Association (FIFA) yang dirilis 7 Februari 2019, Indonesia berada di peringkat 159 dunia dengan skor 1.003. Sedangkan di tingkat Asia Tenggara, Indonesia berada di bawah Myanmar dengan peringkat kelima.

Peringkat teratas di kawasan Asia Tenggara masih dipegang oleh Timnas Vietnam dengan poin 1.227 atau peringkat 99 dunia. Di urutan kedua Timnas Thailand dengan poin 1.169 sekaligus berada di peringkat 115 dunia. Data selengkapnya terkait peringkat sepak bola di kawasan Asia Tenggara dalam grafik Databoks berikut ini:

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...