Kesepakatan Dagang Tahap I AS-Tiongkok Rampung, Berikut Perinciannya

Agustiyanti
16 Desember 2019, 07:46
Perang dagang, kesepakatan dagang tahap I, amerika serikat, tiongkok
Lightwise/123RF.com
Ilustrasi. Tiongkok setuju untuk miliaran dolar dalam pembelian pertanian dari AS, sementara AS memangkas sejumlah tarif pada produk Tiongkok.

Amerika Serikat dan Tiongkok telah menyetujui ketentuan-ketentuan dalam kesepakatan tahap I setelah perang dagang berlarut-larut selama 18 bulan. Kesepakatan tersebut mencakup pemangkasan sejumlah tarif impor AS ke produk Tiongkok dan pembelian produk AS oleh Tiongkok.

Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer mengatakan pada Minggu (15/12) bahwa kesepakatan perdagangan fase satu AS dan Tiongkok yang dicapai pada Jumat sepenuhnya rampung,. Kesepakatan ini akan meningkatkan ekspor AS ke Tiongkok hampir dua kali lipat dalam dua tahun ke depan.

Pejabat AS dan Tiongkok mengumumkan pada Jumat bahwa mereka akhirnya menyetujui perjanjian tahap satu setelah perang dagang 18 bulan yang kontroversial. Tiongkok setuju untuk miliaran dolar dalam pembelian pertanian dari AS, sementara Presiden Donald Trump berjanji untuk tidak mengejar putaran tarif baru yang semula berlaku 15 Desember.

Kedua ekonomi utama berencana menandatangani kesepakatan parsial pada minggu pertama Januari.

“Ada periode terjemahan dan pembuatan draf. Tapi kesepakatan ini sepenuhnya telah rampung," ujar Lighthizer yang berbicara di CBS, seperti dikutip dari Reuters, Senin (16/12).

(Baca: AS-Tiongkok Sepakat Damai Dagang Tahap I, IHSG Diramal Melemah)

Lighthizer, salah satu negosiator utama dalam pembicaraan dengan para pejabat Tiongkok menjelaskan bahwa AS akan mempertahankan tarif 25% kepada produk Tiongkok senilai US$ 250 miliar impor Tiongkok, tetapi memangkas tarif pada barang Tiongkok senilai US$ 120 miliar dari 7,5% dari 15%.

Pengurangan tarif akan berlaku 30 hari setelah perjanjian ditandatangani.

Sementara itu, Tiongkok telah berkomitmen untuk meningkatkan pembelian produk pertanian AS sebesar US$ 32 miliar selama dua tahun. Dengan demikian, total pembelian Tiongkok pada barang pertanian AS diperkirakan akan mencapai rata-rata US$ 40 miliar per tahun, naik dibandingkan US$ 24 miliar pada 2017 sebelum perang dagang.

Trump sebelumnya menuntut agar Tiongkok membeli barang pertanian AS senilai US$ 50 miliar setiap tahun. Lighthizer mengatakan Tiongkok setuju untuk melakukan upaya terbaiknya untuk meningkatkan pembelian produk AS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...