Menteri Edhy Dorong Produksi Udang Naik 2,5 Kali Lipat

Image title
16 Desember 2019, 16:17
Edhy Prabowo, udang, KKP
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo saat mengunjungi Loka Perbenihan dan Budidaya Ikan Air Tawar (PBIAT) Ngrajek, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (6/12/2019). Edhy mendorong peningkatan produksi udang.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memasang target meningkatkan jumlah produksi udang menjadi 2,5 kali lipat selama satu tahun ke depan. Saat ini jumlah produksi udang nasional sebesar 200 ribu ton per tahun dan didorong menjadi 500 ribu ton di tahun depan.

"Tugas pemerintah untuk meningkatkan produksi sebanyak 2,5 kali selama lima tahun, cukup dilakukan selama satu tahun," kata Edhy di Jakarta, Senin (16/12).

Salah satu upaya mendorong produksi udang dengan memanfaatkan garis pantai di Indonesia yang mencapai 99.093 kilometer, terpanjang kedua setelah Kanada. Kementerian Kelautan dan Perikanan RI menyebutkan hanya 10% dari panjang garis pantai Indonesia yang dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi.

"Data yang saya dapatkan baru 10% (garis pantai) saja yang dimanfaatkan dan saya yakin itu belum optimal," kata Edhy.

(Baca: Meski Tuai Polemik, Menteri Edhy Tetap Izinkan Ekspor Benih Lobster)

Secara nasional luas tambak udang sebesar 300 ribu hektare dengan produksi tambak yang dikelola nelayan menghasilkan satu ton udang per hektare. Padahal perusahaan dengan melakukan program intensif dapat menghasilkan 80 ton udang per hektare dalam sekali panen.

"Bahkan kemarin di Batu, Kabupaten Baru saya melihat mereka bisa mencapai 150 ton per hektare sekali panen," kata dia.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...