Telkomsel hingga XL Axiata Antisipasi Kenaikan Layanan Data Saat Natal

Cindy Mutia Annur
17 Desember 2019, 08:39
Telkomsel, XL Axiata dan Smartfren memperkirakan tarif data meningkat 15-20% saat libur Natal dan Tahun Baru
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Ilustrasi, teknisi XL Axiata melakukan pemeliharaan perangkat BTS (Base Transceiver Station) di lokasi tower di Nawangkewa, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (27/10/2019).

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT XL Axiata Tbk dan PT Smartfren Telecom Tbk mulai menyiapkan infrastrukturnya guna mengantisipasi peningkatan permintaan layanan saat Natal dan Tahun Baru. Trafik data diprediksi meningkat 15% saat libur panjang.

Pelaksana tugas (Plt) Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, perusahaan meningkatkan kapasitas hingga dua kali lipat dari hari biasanya. Selain itu, berfokus pada daerah wisata dan jalur transportasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Perusahaan juga melakukan rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi. “Untuk liburan nanti, kami memprediksi kenaikan trafik sekitar 15% di layanan data,” kata Darmayusa dalam siaran pers, kemarin (16/12).

Menurut dia, penggunaan data untuk streaming video atau musik, aplikasi percakapan, gim dan media sosial akan mendominasi. “Akses ke peta digital seperti Google Map dan Waze juga kemungkinan meningkat,” katanya.

Adapun pada libur natal dan tahun baru 2018, trafik data meningkat sekitar 30% dibandingkan hari biasa. (Baca: Trafik Data Telkomsel dan Indosat Melonjak pada Malam Tahun Baru 2019)

XL Axiata juga mengerahkan sekitar 30 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi mengalami lonjakan trafik. “Persiapan khusus sudah kami lakukan sejak jauh-jauh hari,” kata Darmayusa.

Perusahaan telekomunikasi tersebut mengidentifikasi sedikitnya 300 titik lokasi yang diperkirakan menjadi pusat mobilitas pemudik. Di antaranya bandara, terminal, pelabuhan penyeberangan, stasiun keret hingga rest area di sepanjang jalan tol Jawa dan Sumatera. Selain itu, lokasi tujuan wisata, pusat perbelanjaan hingga tempat ibadah terutama Gereja terkait perayaan Natal.

Ia optimistis kualitas layanan datanya tetap prima selama libur akhir tahun nanti. Perusahaan pun mengandalkan jaringan fiber yang sudah selesai dibangun di ratusan kota.

Langkah serupa dilakukan Telkomsel. Director Sales Telkomsel Ririn Widaryani mengatakan, perusahaan rutin menguji uji coba dan optimalisasi jaringan saat ada lonjakan trafik layanan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...