Temui Tokoh Adat Kaltim, Jokowi Minta Izin Bangun Ibu Kota Baru

Dimas Jarot Bayu
17 Desember 2019, 13:54
jokowi, ibu kota baru, tokoh kaltim
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (17/12). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta izin kepada mereka terkait dengan pembangunan ibu kota baru.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi bertemu dengan tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh agama di Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (17/12). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta izin kepada mereka terkait dengan pembangunan ibu kota baru.

Jokowi juga meminta dukungan para tokoh agar pembangunan ibu kota baru berjalan lancar. “Saya menyampaikan permisi, ketuk pintu, setelah keputusan ibu kota, kami ingin masuk ke Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Kira-kira itu,” kata Jokowi.

(Baca: Berkunjung ke Kaltim, Jokowi Bakal Cek Lokasi Ibu Kota Baru)

Menurut Jokowi, rencana pemindahan ibu kota sudah melalui studi yang cukup lama. Bahkan, wacana itu telah ada sejak zaman Presiden Soekarno. Hanya saja wacana pemindahan ibu kota belum bisa terealisasi hingga saat ini.

“Artinya memang ini sebuah perjalanan panjang untuk memindahkan ibu kota," kata Jokowi.

Kepala Negara lalu menjelaskan berbagai faktor yang mendorong pemindahan ibu kota dari Jakarta. Salah satunya adalah faktor kepadatan penduduk di Pulau Jawa. Dari 267 juta jiwa penduduk Indonesia, sebanyak 149 juta jiwa atau 56% berada di Jawa.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...