Dilengkapi Tol, Jokowi: Akses Ibu Kota Baru dari Balikpapan 30 Menit

Dimas Jarot Bayu
18 Desember 2019, 16:30
Dilengkapi Tol, Jokowi: Akses Ibu Kota Baru dari Balikpapan 30 Menit.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2,3 dan 4 di Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019). Tol seksi 2,3 dan 4 yang akan melintasi ibu kota baru itu memiliki panjang 57,8 kilometer dari total lima seksi Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,3 kilometer.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan waktu tempuh  dari pusat kota Balikpapan, Kalimantan Timur menuju ibu kota baru hanya akan mencapai 30 menit. Saat ini, perjalanan dari Balikpapan ke wilayah ibu kota baru yang berada di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara bisa memakan waktu tempuh 2,5 jam lebih.

Jokowi mengatakan, waktu tempuh yang lebih singkat tersebut menurutnya disebabkan pembangunan jalan tol. “Kemarin 2,5 jam itu karena memang jalannya memutar. Kalau ada tol paling 30 menit sudah sampai,” kata Jokowi di Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12).

Advertisement

(Baca: Jokowi Sebut Dirinya Bagi-bagi Proyek Bangun Ibu Kota Baru)

Rencananya, jalan tol menuju ibu kota baru akan tersambung dengan ruas tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), sebagai tol pertama di Kalimantan. Adapun, pembangunan tol tersebut bakal dimulai pada 2020.

“(Pembangunan) tahun depan,” katanya. 

Jokowi menyatakan, studi terkait pembangunan jalan tersebut sudah mulai dikerjakan. Setelah studi itu rampung, pembangunan jalan tol bisa segera dikerjakan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement