BAMBANG PAMUNGKAS PENSIUN Show
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Image title
18 Desember 2019, 17:30

Foto: Jalan Baru Bambang Pamungkas sang Penyerang Persija

Penyerang Persija Jakarta Bambang Pamungkas mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola. Ia menyampaikan keputusan tersebut usai memperkuat timnya menghadapi Persebaya Surabaya  dalam laga kompetisi Liga 1 musim 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta kemarin malam.

“Orang bijak berkata, laki-laki sejati tidak menangis tetapi hatinya berdarah. Malam ini izinkan saya menjadi seorang laki-laki sejati yang hatinya berdarah,” kata Bepe, demikian sapaan akrab pria 39 tahun itu seperti dikutip Antara, Selasa (17/12/2019)​​​​​​.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengucapkan terima kasih kepada klubnya, Persija Jakarta, yang ia bela sejak 1999. Juga kepada pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan The Jakmania, suporter Persija yang selalu memberikan dukungan di setiap kondisi.

“Saya pernah menjadi pemain terbaik, top scorer, dan juara di sini,” ujarnya. “Namun saya juga pernah patah kaki, depresi, dan dianggap pengkhianat di sini. Dalam segala kondisi, kalian semua tetap berada di belakang saya.”

Sebaliknya, The Jakmania menyampaikan terima kasih kepada Bepe melalui nyanyian, “Terima kasih Bambang Pamungkas, dari kami Jakmania”.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menyampaikan testimoni untuk Bepe. “Legendanya tidak akan pernah berhenti dalam sejarah Persija. Dia akan selalu menjadi inspirasi anak-anak kita. Dia bukan hanya milik Jakarta, tetapi idola Indonesia,” ujar Anies.

Sepanjang berkarier sebagai pesepakbola, Bepe mencetak 200 gol untuk Persija Jakarta. Di timnas Indonesia, Bepe yang pernah merumput di Malaysia untuk klub Selangor FA masuk jajaran pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah dengan 36 aksi yang membobol kandang lawan.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami