Tahun Depan Pertamina Investasi Rp 8,27 Trilun untuk Proyek JTB

Image title
18 Desember 2019, 14:56
Pertamina, Jambaran Tiung Biru
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019). Pertamina EP Cepu (PEPC) menganggarkan investasi sebesar Rp 8,27 triliun untuk proyek JTB pada 2020.

Pertamina EP Cepu (PEPC) menganggarkan investasi untuk proyek Jambaran Tiung Biru (JTB) pada tahun depan senilai US$ 591 juta atau setara Rp 8,27 triliun. Dana tersebut bakal digunakan untuk membangun Gas Processing Facility (GPF), pengeboran, dan akuisisi lahan. 

Direktur Utama PEPC Jamsaton Nababan mengatakan investasi tahun depan lebih besar dibandingkan tahun ini senilai US$ 337 juta dan tahun lalu senilai US$ 174 juta. Sedangkan realisasi investasi hingga bulan November 2019 sudah mencapai US$ 297 juta.

Lebih lanjut, Jamsaton mengatakan proyek JTB ditaksir menghabiskan nilai investasi sebesar US$ 1,55 miliar atau sekitar Rp 21,7 triliun. Pertamina telah mendapatkan pinjaman senilai US$ 1,8 miliar dari konsorsium 12 bank yang terdiri dari Bank Mandiri, BRI, BNI, BTPN, dan delapan bank asing di antaranya HSBC dan MUFG.

Jamsaton menjelaskan pinjaman tersebut memang lebih besar dari kebutuhan investasi Pertamina di proyek JTB. Pasalnya, pinjaman dihitung berdasarkan target peroduksi gas yang dihasilkan oleh proyek tersebut.

Awalnya, proyek JTB ditargetkan memproduksi gas sebesar 172 MMscfd. Namun, target tersebut naik 20 MMscfd menjadi 192 MMscfd.

"Seandainya 20 MMscfd ini diberikan ke Pertamina maka pinjaman US$ 1,8 miliar. Kalau 20 MMscfd ini dikasihkan ke pihak lain, maka komitmen  hampir US$ 1,6 miliar," kata Jamsaton.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...