Google Ungkap Pencarian tentang Kecantikan Naik 30% Tahun Ini

Penulis: Cindy Mutia Annur

Editor: Martha Ruth Thertina

19/12/2019, 19.28 WIB

Pencarian mengenai perawatan kulit naik 2,3 kali lipat tahun ini. Pencarian itu termasuk untuk kata kunci 'skincare routines' dan 'skincare reviews'.

Google, Kecantikan, skincare routines, skincare review
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY

Google Indonesia mencatat pencarian mengenai kecantikan dan perawatan tubuh naik 30% di platform-nya tahun ini. Jangkauan internet yang semakin luas, perkembangan tren kecantikan, hingga kehadiran beauty influencer dinilai berperan dalam mendorong banyaknya pencarian terkait.

Head of Large Customer Marketing Google Indonesia Muriel Makarim mengatakan, jaringan internet sudah semakin merata di Tanah Air, bahkan mampu menjangkau kota-kota non-metropolitan alias kota kecil. Hal ini memudahkan konsumen melakukan pencarian, termasuk tentang kecantikan.

Di sisi lain, konsumen yang berasal dari kota besar maupun kecil semakin tertarik dengan beragam tren gaya hidup, salah satunya mengenai kecantikan. "Konsumen juga ingin menggunakan extra income-nya (penghasilan tambahan) agar terlihat lebih cantik melalui produk yang mereka beli," ujar Muriel kepada Katadata.co.id di kantornya, Kamis (19/12).

(Baca: Riset Google: Orang Indonesia Makin Gemar Nonton Sinetron di Youtube)

Seiring meningkatnya ketertarikan tersbeut, konsumen pun memanfaatkan platform Google Search maupun YouTube untuk melakukan beragam pencarian dari mulai rutinitas skincare, review produk, dan lainnya.

Ia menambahkan, tren kecantikan yang semakin berkembang juga mendorong pencairan terkait. Ia mencontohkan, beberapa tahun lalu, konsumen hanya menggunakan pelembab sebagai skincare, namun kini produk skincare semakin kompleks jenisnya dengan ragam langkah penggunaannya. Misalnya, mulai dari penggunaan makeup remover, toner, essence, serum, moisturizer, dan sebagainya.

Terakhir, Muriel mengatakan, pencarian mengenai kecantikan meningkat karena maraknya kehadiran beauty influencer di Blogger maupun YouTube. Umumnya, para beauty influencer tersebut memberikan sejumlah tips mengenai cara penggunaan produk skincare, melakukan review produk, hingga tutorial makeup.

Google mencatat, pencarian mengenai perawatan kulit naik 2,3 kali lipat tahun ini. Pencarian itu termasuk untuk kata kunci 'skincare routines' dan 'skincare reviews'. Sedangkan, pencarian dengan kata kunci ‘produk terbaik' naik 1,3 kali lipat dengan rincian produk seperti pelembab, foundation, toner, krim mata, dan maskara.

(Baca: Google Luncurkan Platform Canggih untuk Menjaga Pelestarian Satwa)

Selain itu, pencarian kata 'glowing' naik 2,4 kali lipat di YouTube. Pencarian ini, menurut Muriel, berkaitan dengan sejumlah produk seperti essence atau serum yang bertujuan untuk membuat kulit konsumen menjadi bersinar (glowing).

Adapun 83% wanita yang membeli produk perawatan wajah mencari solusi berkaitan dengan kulit tanpa masalah. "Misalnya, produk supaya kulit tidak berjerawat, kusam, dan anti-polusi," ujar Muriel.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan