Google Ungkap Pencarian tentang Kecantikan Naik 30% Tahun Ini

Cindy Mutia Annur
19 Desember 2019, 19:28
Google, Kecantikan, skincare routines, skincare review
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY

Google Indonesia mencatat pencarian mengenai kecantikan dan perawatan tubuh naik 30% di platform-nya tahun ini. Jangkauan internet yang semakin luas, perkembangan tren kecantikan, hingga kehadiran beauty influencer dinilai berperan dalam mendorong banyaknya pencarian terkait.

Head of Large Customer Marketing Google Indonesia Muriel Makarim mengatakan, jaringan internet sudah semakin merata di Tanah Air, bahkan mampu menjangkau kota-kota non-metropolitan alias kota kecil. Hal ini memudahkan konsumen melakukan pencarian, termasuk tentang kecantikan.

Di sisi lain, konsumen yang berasal dari kota besar maupun kecil semakin tertarik dengan beragam tren gaya hidup, salah satunya mengenai kecantikan. "Konsumen juga ingin menggunakan extra income-nya (penghasilan tambahan) agar terlihat lebih cantik melalui produk yang mereka beli," ujar Muriel kepada Katadata.co.id di kantornya, Kamis (19/12).

(Baca: Riset Google: Orang Indonesia Makin Gemar Nonton Sinetron di Youtube)

Seiring meningkatnya ketertarikan tersbeut, konsumen pun memanfaatkan platform Google Search maupun YouTube untuk melakukan beragam pencarian dari mulai rutinitas skincare, review produk, dan lainnya.

Ia menambahkan, tren kecantikan yang semakin berkembang juga mendorong pencairan terkait. Ia mencontohkan, beberapa tahun lalu, konsumen hanya menggunakan pelembab sebagai skincare, namun kini produk skincare semakin kompleks jenisnya dengan ragam langkah penggunaannya. Misalnya, mulai dari penggunaan makeup remover, toner, essence, serum, moisturizer, dan sebagainya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...