SKK Migas Dorong Perusahaan Migas Eksplorasi di Timur Indonesia

Image title
26 Desember 2019, 14:01
SKK Migas, eksplorasi migas, cadangan migas
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). SKK Migas mendorong perusahaan migas eksplorasi di wilayah Timur Indonesia. Saat ini ada lima wilayah kerja yang berpotensi memiliki cadangan migas.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendorong perusahaan migas untuk eksplorasi di wilayah terbuka (open area) Timur Indonesia. Pasalnya, ada lima wilayah kerja di kawasan tersebut yang berpotensi memiliki cadangan migas. 

Lima wilayah tersebut terdiri dari Blok Selaru (Cekungan Aru-Tanimbar), Blok Arafura Selatan (Cekungan Arafura), Blok Boka (Cekungan Akimeugah), Blok Atsy (Cekungan Sahul), dan Blok Agats Barat (Cekungan Sahul). Untuk eksplorasi wilayah tersebut, SKK Migas meminta perusahaan migas menggunakan dana dari Komitmen Kerja Pasti (KKP).

"Sampai saat ini Blok Selaru, Arafura, Agats, Atsy dan Boka masih wilayah terbuka, maka upaya memaksimalkan potensi hanya melalui KKP," ujar Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto kepada Katadata.co.id, Kamis (26/12).

Salah satu perusahaan migas yang telah memanfaatkan KKP untuk eksplorasi di wilayah terbuka yaitu Pertamina untuk kegiatan eksplorasi berupa survei seismik 2D sepanjang 30 ribu kilometer di Blok Jambi Merang. Kegiatan eksplorasi tersebut tercatat sebagai survei seismik terpanjang di Asia dalam 10 tahun terakhir. 

(Baca: Cari Cadangan Migas, ExxonMobil Eksplorasi Wilayah Terbuka Indonesia)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...