Jiwasraya Pernah Beli Saham Mahaka dan Meraih Untung Hingga 18%

Image title
27 Desember 2019, 14:48
jiwasraya, strategi investasi, saham mahaka
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
Gedung PT Asuransi Jiwasraya. Kementerian BUMN menjelaskan investasi Jiwasraya di instrumen ekuitas yang menghasilkan keuntungan hingga 18%.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjelaskan perihal strategi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dalam menginvestasikan premi yang dikumpulkannya.

Salah satunya yaitu ketika Jiwasraya membeli saham PT Mahaka Media Tbk (ABBA) pada awal 2014. Mahaka merupakan perusahaan yang didirikan oleh Erick Thohir yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN.

Staf Khusus Kementerian BUMN, Arya Sinulingga menjelaskan, perusahaan asuransi pelat merah tersebut membeli saham Mahaka pada 23 Januari 2014. Namun, Jiwasraya tidak lama memegang saham tersebut.

"Jiwasraya beli saham Mahaka sekitar Rp 14,9 miliar di harga Rp 95 per saham. Kemudian Jiwasraya menjual saham tersebut dua kali tidak sampai setahun dari pembeliannya," kata Arya kepada awak media di Jakarta, Jumat (27/12).

(Baca: Jaksa Agung Cekal ke Luar Negeri 10 Orang Terkait Kasus Jiwasraya)

Dia menjelaskan, penjualan pertama atas saham Mahaka dilakukan pada 17 Desember 2014 di harga Rp 114 per saham. Nilai penjualan saham tersebut mencapai lebih dari Rp 11 miliar. Kemudian, di hari yang sama, Jiwasraya menjual sisa saham Mahaka miliknya di harga Rp 112 per saham dan meraup Rp 6 miliar.

Dengan demikian, investasi yang dilakukan oleh Jiwasraya di saham Mahaka berhasil mendatangkan keuntungan sebesar Rp 2,8 miliar. "Jadi Jiwasraya terbukti, ketika dua kali jual di hari yang sama, untung 18% lebih," kata Arya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...