Tarif Gojek, Impor via E-Commerce, dan Transaksi Kode QR Naik di 2020

Desy Setyowati
31 Desember 2019, 16:52
Tarif Gojek, membeli produk Impor lewat E-Commerce, dan Transaksi Kode QR Naik pada 2020
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara online di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Perusahaan penyedia layanan on-demand, Gojek menaikkan biaya jasa GoCar per kemarin (30/12). Selain itu, akan ada biaya tambahan atas transaksi menggunakan kode Quick Response (QR Code) dan membeli barang impor minimal Rp 42 ribu lewat e-commerce mulai tahun depan.

Biaya jasa GoCar meningkat dari Rp 2 ribu menjadi Rp 4 ribu per pesanan. Tarif tersebut merupakan biaya tambahan yang dikenakan kepada pengguna, untuk peningkatan layanan.

Senior Manager Corporate Affairs Alvita Chen membenarkan kenaikan biaya jasa tersebut. “Biaya jasa tidak mengubah pendapatan mitra driver GoCar dan sesuai dengan peraturan pemerintah," kata dia kepada Katadata.co.id, hari ini (31/12).

Biaya jasa itu berlaku untuk layanan GoCar Reguler, GoCar L, GoArmada, dan GoCar Bird. Tambahan biaya itu sudah diterapkan sebelum Juli 2019 lalu.

(Baca: Gojek Naikkan Biaya Jasa GoCar hingga Tarif GoRide Akhir Tahun Ini)

Selain itu, Alvita membenarkan bahwa tarif layanan perjalanan menggunakan GoRide naik. “Untuk memastikan tersedianya layanan yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan, Gojek melakukan penyesuaian biaya tarif layanan,” kata dia.

Namun, dia tidak menjelaskan waktu maupun besaran kenaikannya. Alvita hanya menjelaskan bahwa penyesuaian itu mempertimbangkan keseimbangan antara permintaan (supply) dan permintaan (demand).

Selain itu, pengguna dompet digital seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja dan lainnya bakal dikenakan biaya merchant discount rate (MDR) dengan teknologi kode Quick Response (QR Code) 0,7% per transaksi awal tahun depan. Saat ini, pengguna tidak dikenakan biaya apapun atas transaksi menggunakan kode QR.

(Baca: BI: Biaya Transaksi Kode QR 0,7% Tergolong Murah)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur, Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...