Gangguan Internet di Sejumlah Lokasi, Kominfo: Ada Penggantian Alat

Cindy Mutia Annur
1 Januari 2020, 10:48
kominfo, gangguan internet, internet
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ilustrasi. Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut gangguan internet yang terhadi di sejumlah lokasi hari ini karena ada pergantian perangkat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo menjelaskan gangguan internet di sejumlah lokasi pada hari ini, Rabu (1/1) hanya bersifat sementara. Hal ini lantaran ada penggantian perangkat atau migrasi solusi teknologi akses internet oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika atau BAKTI. 

Plt. Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu menjelaskan BAKTI sebelumnya telah memberikan surat pemberitahuan kepada masyarakat terkait kemungkinan gangguan internet pada Selasa (31/1). Adapun gangguan internet hanya terjadi di sejumlah titik dan hanya bersifat sementara. 

"Jadi tidak semua wilayah dan tidak termasuk wilayah layanan komersial," ujar Ferdinandus kepada Katadata.co.id, Rabu (1/1).

 (Baca: Banjir Hampir Merata di Wilayah Jakarta, Berikut Lokasinya)

Di sisi lain, menurut dia, pemerintah telah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi peningkatan trafik data saat liburan Natal dan Tahun Baru. Langkah tersebut, yakni  pengecekan jaringan dan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi  di titik pusat keramaian seperto bandara, tempat wisata, stasiun, pelabuhan, mall, tempat-tempat ibadah, rumah sakit, pusat perayaan tahun baru, dan jalur mudik.

"Maka dari itu, pemerintah meminta agar semua operator seluler meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi/QoS," terang dia.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...