Jokowi Beri Tiga Mandat untuk Atasi Banjir Jakarta

Cindy Mutia Annur
1 Januari 2020, 14:40
Jokowi, jakarta, banjir jakarta, penanganan banjir
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo memerintahkan agar fasilitas-fasilitas umum di Jakarta dan sekitarnya yang terdampak banjir segera dinormalisasi.

Presiden Joko Widodo memberikan tiga mandat untuk menyelesaikan masalah banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hujan deras yang terjadi sejak semalam (31/12) menimbulkan banjir dan membuat sebagian warga terpaksa mengungsi.

"Pertama, urusan banjir yang paling penting ini adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga untuk dinomorsatukan," ujar Jokowi melalui siaran pers, Rabu (1/1).

Jokowi pun meminta berbagai instansi seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB pemerintah provinsi, hingga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas untuk bersinergi dalam upaya menyelamatkan warga yang terdampak banjir.

"BNPB, pemerintah provinsi, unit SAR, semuanya harus segera bergerak bersama-sama untuk memberikan rasa aman, memberikan keselamatan kepada warga yang terkena bencana banjir," tegas Jokowi.

(Baca: Banjir Hampir Merata di Wilayah Jakarta, Berikut Lokasinya)

Kedua, ia memerintahkan agar fasilitas-fasilitas umum segera dinormalisasi. Hal ini lantaran beberapa ruas jalan hingga objek vital terdampak banjir. 

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...