Gubernur Anies: Pemprov DKI Siapkan Karbol untuk Bersihkan Rumah Warga

Image title
2 Januari 2020, 20:36
Gubernur Anies: Pemprov DKI Siapkan Karbol untuk Warga Usai Banjir.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Warga membersihkan endapan lumpur sisa banjir di Rawajati, Jakarta, Kamis (2/1). Pemprov DKI akan membagikan desinfektan atau cairan pembersih (karbol) untuk warga untuk membersihkan rumah usai banjir.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI Jakarta bakal membagikan desinfektan atau cairan pembersih (karbol) bagi masyarakat terdampak banjir Jabodetabek. Desinfektan itu akan dibagikan untuk membersihkan rumah warga setelah banjir surut.

Cairan pembersih merupakan salah satu kebutuhan yang diminta warga di pengungsian, selain makanan dan minuman. Meski begitu, ia tidak menyebut berapa jumlah desinfektan yang tengah disiapkan Pemprov DKI.

"Sesudah ini Pemprov DKI siapkan desinfektan, karbol untuk dibagikan ke masyarakat yang ingin bersihkan rumahnya dari sisa banjir," kata Anies usai melakukan pemantauan di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (2/1).

(Baca: Gubernur Anies Sebut Kondisi Banjir Jabodetabek Mulai Terkendali)

Menurut dia, pihak Pemprov berusaha memfasilitasi seluruh kebutuhan masayarakat baik saat terjadinya banjir maupun setelah terjadinya banjir. Saat banjir, kebutuhan makan dan minum di pengungsian akan ditanggung pemerintah.

Untuk proses evakuasi, pemprov akan menyediakan perahu karet. Sementara guna menurunkan debit air, juga telah disiapkan sebanyak 478 unit pompa air yang telah dioperasikan sejak kemarin.

"Alhamdulillah sekarang berfungsi dengan baik harapannya air lebih cepat surut," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...