Kepala BPS Peringatkan Potensi Kenaikan Inflasi Akibat Banjir Jakarta

Agatha Olivia Victoria
2 Januari 2020, 15:57
Kepala BPS memperingatkan potensi kenaikan inflasi akibat banjir Jakarta.
Ilustrasi. Pedagang buah di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Kepala BPS memperingatkan potensi kenaikan inflasi akibat banjir Jakarta.

Banjir yang melanda Ibu Kota Jakarta dan beberapa daerah penyangganya selam dua hari ini diyakini berpengaruh terhadap laju inflasi pada Januari 2020. Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Suhariyanto mengatakan, sejumlah langkah perlu dilakukan agar lonjakannya tidak besar.

“Tentu akan berpengaruh kalau banjir itu terus berlanjut,” kata Suhariyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (2/1). Hingga berita ini diturunkan, beberapa wilayah di Jakarta, Bogor,  Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) masih terendam genangan air, termasuk di lingkungan Kantor BPS.

Menurut Suhariyanto, pengaruhnya tak akan terlalu besar jika pemerintah melakukan langkah-langkah penanganannya. Terutama, kata dia, ketika selama banjir pasokan dan distribusi barang berjalan normal. “Kita berharap semua musibah ini akan berhenti,” ujarnya.

(Baca: Banjir Hampir Merata di Wilayah Jakarta, Berikut Lokasinya)

Hari ini BPS merilis terjadi inflasi 0,34 % pada Desember 2019 dibanding bulan sebelumnya. Sementara inflasi sepanjang tahun lalu 2,72 %, lebih rendah dari tahun sebelumnya. Angka tahunan ini merupakan yang terendah dalam 20 tahun terakhir. Inflasi terendah sebelumnya tercatat pada 1999, yakni 2,01 %, usai Indonesia dilanda krisis finansial.

Lihatlah grafik pada Databoks berikut ini:

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...