Layanan Telkomsel, Tri & Indosat Terganggu Imbas Banjir di Jabodetabek

Fahmi Ahmad Burhan
2 Januari 2020, 14:09
Layanan Telkomsel, Tri dan Indosat Terganggu Akibat Banjir di Jabodetabek
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi, mobil dan bus Transjakarta terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020).

Banjir yang melanda Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) membuat layanan Telkomsel, Tri Indonesia, dan Indosat terganggu. Sebab, menara Base Transceiver Station (BTS) ketiga operator itu tak mendapat pasokan listrik.

Hal itu karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) memadamkan listrik di beberapa wilayah padat penduduk di sekitar gardu induk yang terendam air. Pemadaman dilakukan untuk sementara hingga kondisi di wilayah tersebut aman untuk dialiri listrik.

Advertisement

Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia Danny Buldansyah mengatakan, 100 BTS tak mendapat pasokan listrik dari PLN hingga saat ini. Alhasil, kapasitas jaringan Tridi wilayah terdampak banjir menurun.

“Terdampak, tetapi tidak sampai membuat blank spot," ujar Danny kepada Katadata.co.id, hari ini (2/1). Perusahaannya pun menyiapkan penanganan khusus pada beberapa BTS yang tidak mendapat pasokan listrik.

(Baca: BMKG: Waspadai Potensi Hujan Ekstrem hingga Pertengahan Februari 2020)

Layanan telekomunikasi Telkomsel juga mengalami gangguan. General Manager External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim mengatakan, perusahaannya masih mendata perangkat jaringan yang terdampak banjir di Jabodetabek. "Operasionalnya terus dipantau secara berkala," katanya.

Telkomsel pun mengandalkan pasokan listrik cadangan seperti perangkat baterai maupun mobile back up power atau mobile genset. Pasokan listrik cadangan itu sudah disiagakan di sejumlah titik, khususnya di lokasi BTS yang terdampak banjir.

Saat ini, layanan BTS yang terganggu akan dialihkan ke menara terdekat yang masih beroperasi. Sebagian yang terdampak juga berangsur pulih, seiring normalisasi pasokan listrik dari PLN.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement