Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini, Tol Cisumdawu Terhambat Lahan

Image title
6 Januari 2020, 22:27
Masih Terkendala Lahan, Tol Cisumdawu Ditargetkan Operasi Akhir Tahun.
Foto udara pembangunan jalan layang Tol Cisumdawu di pintu keluar Jalan Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (24/11/2019). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) dapat beroperasi pada akhir 2020.

Pemerintah menargetkan pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat selesai dan dioperasikan pada akhir tahun ini. Namun demikian, proses pembangunan beberapa ruas tol tersebut masih terkendala pembebasan lahan.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan lahan tol yang masih terkendala saat ini mencapai 30% dari total keseluruhan proyek.

Oleh karena itu, pihaknya berupaya mempercepat pengerjaan pembangunan dengan berkoordinasi bersama beberapa kementerian lain seperti Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

(Baca: Proyek Tol Cisumdawu Masih Terkendala Pembebasan Lahan)

"Lagi-lagi masalah tanah. Kami sudah sepakat dengan Bapak-bapak Menteri penyelesaiannya semua terpadu," kata Luhut usai menjalani pertemuan di kantornya, Jakarta, Senin (6/1).

Menurut dia, konstruksi ruas tol Cisumdawu telah dibangun secara bertahap di beberapa seksi, kendati belum sepenuhnya terhubung. Meski demikian, Luhut menyebut beberapa seksi tol tersebut sudah bisa digunakan karena konstruksinya telah rampung.

Jika tol ini rampung, dapat menghubungkan dan memangkas waktu tempuh  Bandung dengan Bandara Kertajati. "Sudah lumayan bisa. Kalau semua bisa jalan, jaraknya bisa 61 kilometer jadi jarak tempuhnya dari Bandung satu jam. Ini nanti kalau sudah selesai semua," kata dia.

Hal senada juga diungkapkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi mengatakan telah meminta Kementerian PUPR untuk mendata kekurangan pembangunan untuk mempercepat operasional tol.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...