Kemenperin Ganti Mesin Produksi Industri Kecil yang Terdampak Banjir

Image title
6 Januari 2020, 14:30
Kemenperin, banjir, industri
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi, sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintas Jalan Raya kelapa Hibrida yang terendam banjir di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (2/1/2020). Kementerian Perindustrian (Kemenperin) segera menyalurkan bantuan kepada industri kecil dan menengah yang terdampak banjir.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bakal mengganti mesin produksi milik industri kecil dan menengah yang terdampak banjir di wilayah Jabodetabek. Kemenperin bakal menyalurkan bantuan tersebut dalam waktu dekat. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan pihaknya masih mendata jumlah industri yang mengalami kerugian akibat banjir. Ia berharap cuaca ekstrim tidak melanda Jabodetabek agar bantuan bisa segera disalurkan.

Advertisement

"Kami bisa memberi kepastian bagi usaha yang kecil mendapat penggantin 100% dari mesin produksi rusak," kata Agus saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Senin (6/1).

Menurut dia, usaha-usaha kecil harus mendapatkan perhatian pemerintah karena paling dirugikan. Sebab, mereka tidak memiliki mitigasi bencana khususnya banjir.

(Baca: BPBD: Banjir Mulai Surut, Kawasan Jakarta Barat Paling Terdampak)

Berbeda halnya dengan industri-industri besar yang memiliki persiapan matang dalam mengahdapi risiko bencana. Meski begitu, Kementerian Perindustrian belum mengantongi data berapa kerugian industri akibat musibah itu.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement