Bank BRI Salurkan KUR Sektor Produksi Lebih dari 50 Persen

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
7 Januari 2020, 10:53
BRI - Kredit Usaha Rakyat
Katadata

Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sepanjang 2019 telah berhasil menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 87,9 triliun kepada 4 juta debitur. Lebih dari 50 persen dana KUR tersebut telah disalurkan ke sektor produksi yang terdiri dari pertanian, perikanan, peternakan, industri pengolahan, jasa-jasa, dan sektor produksi lainnya.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Purnomo mengungkapkan, perseroan telah melakukan berbagai program pendampingan untuk mengakselerasi penyaluran KUR. “Kami melakukan pembentukan cluster UMKM unggulan di masing masing wilayah, selain itu, BRI memanfaatkan Agen BRILink yang saat ini berjumlah 415 ribu sebagai referral pinjaman KUR,” tambahnya.

Advertisement

Bila dijumlahkan, sejak  2015, Bank BRI telah berhasil menyalurkan KUR dengan total nilai mencapai Rp 323,4 triliun kepada lebih dari 16,6 juta pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Tercatat persentase penyaluran KUR sektor produksi oleh BRI selalu meningkat setiap tahun. Pada 2015, BRI menyalurkan KUR ke sektor produksi sebesar 32 persen, lalu selama 2016 sebesar 37,2 persen, pada 2017 sebanyak 40,4 persen. Selanjutnya pada  2018 naik menjadi 42,4 persen, dan pada 2019 mencapai lebih dari 50 persen.

“Membuka awal tahun ini, kami berupaya untuk terus memaksimalkan penyaluran KUR ke sektor produksi lebih besar lagi dengan target mencapai 60 persen. Sektor ini memiliki peranan penting dan memberikan multiplier effect yang lebih masif dalam menggerakkan geliat perekonomian,” tutup Hari.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement