Trafik Data 4 Operator Melonjak Hingga 19% Selama Natal dan Tahun Baru

Cindy Mutia Annur
7 Januari 2020, 16:46
lonjakan trafik data, operator seluler, telekomunikasi, natal tahun baru
Arief Kamaludin|KATADATA
Lonjakan arus data yang cukup signifikan terjadi pada Natal 2019 dan malam pergantian tahun 2020.

Empat operator telekomunikasi yakni Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata mencatatkan lonjakan trafik data selama musim liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 hingga mencapai 19%.

SVP-Head of Network Operations Indosat Agus Sulistio mengatakan, selama periode tersebut terjadi peningkatan trafik data sekitar 12,8% dibandingkan hari normal dan melonjak 60,92% dibandingkan tahun sebelumnya. Lalu lintas data didominasi oleh streaming video 32,28%, pesan instan 67,41%, dan media sosial 53,35%.

Advertisement

Lonjakan trafik data terbesar terjadi pada perayaan Natal, yakni sebesar 16.50%, sedangkan trafik voice dan SMS terjadi pada H-2 Natal sebesar 5% dan 29% dibandingkan hari normal. "Saat pergantian tahun, trafik data mengalami kenaikan 19,91%. Sedangkan, voice turun 5,73%, dan SMS (pesan singkat) naik 17,54%," jelas Agus kepada Katadata.co.id, Selasa (7/1).

Dia menjelaskan, lonjakan tersebut terjadi di sejumlah kota besar seperti Bogor, Tangerang, Karawang, Bekasi dan Magelang. Adapun aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna selama periode tersebut yakni Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan Youtube. 

(Baca: Layanan Telkomsel, Tri & Indosat Terganggu Imbas Banjir di Jabodetabek)

Sementara itu XL Axiata mengalami lonjakan trafik sebesar 14% dibandingkan trafik data di hari normal dan 38% dibanding  tahun sebelumnya. "Trafik data meningkat signifikan," ujar Plt Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, Jumat (3/1).

Dia menjelaskan bahwa rata-rata kenaikan trafik data saat Natal sebesar 9% dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik harian tertinggi mencapai 21%. Sedangkan, pada malam tahun baru kenaikan trafik rata-rata sebesar 14% dan dan tertinggi mencapai 77%.

Berdasarkan penggunaannya, layanan data berbasis gim naik 25%, diikuti oleh pesan singkat 16%, dan web browsing 12%. Perusahaan mencatat, rata-rata kenaikan trafik di luar Jawa mencapai 15%.

Tiga daerah yang mengalami kenaikan trafik data tertinggi pada periode 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 adalah Kab. Malang 26%, Kab. Cianjur 26%, dan Kab. Banyuwangi 25%. Namun pada hari Natal, 24-25 Desember 2018, trafik di wilayah dengan komunitas Nasrani seperti Medan dan sekitarnya trafik data naik 10%, Manado 18%, dan Kupang 21%.

(Baca: Telkomsel hingga XL Axiata Antisipasi Kenaikan Layanan Data Saat Natal)

Sedangkan, trafik data di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang ditinggalkan mayoritas warga untuk  berlibur, turun sekitar 5% dibanding hari normal. Selain itu juga terjadi peningkatan trafik data roaming sebesar 20% dibanding hari biasa sejalan banyaknya masyarakat yang berlibur ke luar negeri.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement