BMKG: Hujan Besar dan Laut Pasang Ancam Jakarta pada Akhir Pekan Ini

Pingit Aria
8 Januari 2020, 16:22
Pewarta foto mengambil gambar Tanggul Proyek Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara atau National Capital Integrated Coast yang jebol di Muara Baru, Jakarta, Senin (6/1/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan daerah pesisir Jaka
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Pewarta foto mengambil gambar Tanggul Proyek Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara atau National Capital Integrated Coast yang jebol di Muara Baru, Jakarta, Senin (6/1/2020). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan daerah pesisir Jakarta Utara akan mengalami air pasang laut (rob) maksimum pada 9 Januari hingga 11 Januari 2020 dan diprakirakan akan memperparah banjir di Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi pada akhir pekan ini, dari 9-12 Januari 2020. Meski tak sederas hujan pada tahun baru lalu, namun ada potensi banjir karena siklus laut pasang terjadi pada saat yang sama.

Hasil analisis dinamika atmosfer menunjukkan aktivitas monsun Asia masih signifikan, gelombang atmosfer (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia. Pola konvergensi angin yang memanjang mulai dari Banten bagian utara hingga Nusa Tenggara sebagai akibat dari adanya pusat tekanan rendah di Barat Laut Australia dan Bibit Siklon Tropis di sekitar Teluk Carpentaria Australia, berpotensi cukup signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Termasuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek)," kata Deputi Bidang Meteorologi R. Mulyono R. Prabowo, Rabu (8/1).

(Baca: Kedutaan AS Ingatkan Potensi Hujan Besar dan Badai di Jakarta)

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG menyampaikan prakiraan potensi Hujan Sedang-Lebat di wilayah Jabodetabek sebagai berikut;

Tgl 09-10 Januari 2020

Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai angin kencang dan petir dapat terjadi mulai dini hari menjelang pagi hari terutama di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang, Bekasi, sebagian Depok dan Bogor.

"Intensitas hujan dapat menurun pada pagi menjelang siang hari, dan berpeluang kembali meningkat pada sore menjelang malam," kata Mulyono.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...