Bukalapak & Tokopedia Tanggapi YouTube Play Button Palsu Dijual Online

Cindy Mutia Annur
8 Januari 2020, 16:25
Bukalapak, lazada, shopee dan Tokopedia Tanggapi YouTube Play Button Palsu Dijual Online
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Belakangan ini YouTube Play Button marak diperjualbelikan di e-commerce. Menanggapi hal itu, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak mengatakan bahwa akun penjual tersebut dapat dinonaktifkan.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak menegaskan, perusahaannya melarang mitra menjual produk yang melanggar hukum, termasuk hasil pelanggaran hak cipta. Perusahaannya juga bekerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah, swasta dan mitra strategis lainnya.

“Saat ini, kami sudah menindaklanjuti laporan sesuai prosedur dengan menurunkan produk yang dimaksud,” katanya kepada Katadata.co.id, hari ini (8/1).

Perusahaan e-commerce itu juga mengajak masyarakat untuk menggunakan fitur 'laporkan' yang tersedia di setiap halaman produk. Hal itu bisa dilakukan, jika pengguna menemukan produk yang melanggar syarat dan ketentuan.

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id pagi ini, toko Retus Design di Tokopedia menjual YouTube Play Button seharga Rp 250 ribu. YouTube Play Button merupakan plakat penghargaan dari YouTube untuk Youtuber atas pencapaian jumlah subscriber.

(Baca: E-Commerce Berpotensi Kenakan Biaya Tambahan pada 2020)

Hal senada dilakukan oleh Lazada. Chief of Customer Experience Lazada Indonesia Ferry Kusnowo mengatakan, mitra penjual wajib memberikan informasi yang sesuai dengan produk yang dijual.

Sebagaimana tertera dalam kebijakan penjual, mitra bertanggung jawab memastikan bahwa informasi terkait karakteristik dan fitur produk itu benar. Selain itu, perlu  ditunjukkan dengan bukti teknis yang memadai.

"Jika produk tidak sesuai dengan informasi yang diberikan, maka Lazada dapat menonaktifkan produk tersebut," ujar Ferry.

Ada sekitar empat toko yang menjual Silver Play Button. Toko itu di antaranya Sonar Shop, Lisni Shop, Tawar Shop, dan Jihah Shop. Keempat toko itu menawarkan harga yang sama yakni Rp 270.750.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...