Jokowi Kunjungi Natuna di Tengah Ketegangan dengan Tiongkok

Image title
Oleh Antara
8 Januari 2020, 11:25
natuna, Jokowi, nelayan
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12/2019). Jokowi hari Rabu (8/1) mengunjungi Natuna dan bertemu dengan nelayan.

Presiden Joko Widodo hari Rabu (8/1) pagi menuju Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau dalam rangka kunjungan kerja. Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi akan bertemu ratusan nelayan dan membagikan sertifikat tanah.

Jokowi tiba pukul 09.10 WIB di Pangkalan Udara TNI Angkatan Udara Raden Sadjad. Turut bersama rombongan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Kepresiden Moeldoko, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif, serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang Surya Tjandra.

Kawasan ini sedang menghangat menyusul adanya kapal Tiongkok yang masuk dan beroperasi secara ilegal. Bahkan usai dihalau KRI Tjiptadi-381 milik TNI AL mereka tak juga keluar dari zona ekonomi eksklusif (ZEE) RI.

(Baca: Tiongkok Masuk Laut Natuna, Jokowi: Tak Ada Tawar-menawar Kedaulatan)

Jokowi sebelumnya menegaskan pemerintah tak akan bernegosiasi dengan Tiongkok terkait persoalan Natuna. Dia juga menilai pernyataan yang dikeluarkan anak buahnya sudah tepat.

“Tidak ada yang namanya tawar-menawar mengenai kedaulatan, mengenai teritorial negara kita,” kata Jokowi hari Senin (8/1).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...