Kalahkan 398 Peserta, 2 UMKM Dapat Modal dari Staf Khusus Jokowi Belva

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Desy Setyowati

8/1/2020, 19.11 WIB

Dua UMKM yang mendapat modal dari Belva bergerak di bidang fashion. Modal itu berasal dari gaji Belva sebagai Staf Khusus Presiden Jokowi.

Kalahkan 398 Peserta, dua UMKM Dapat Modal dari Staf Khusus Jokowi sekaligus CEO Ruangguru Belva Devara
instagram/@belvadevara
Ilustrasi, Staf Khusus Jokowi sekaligus CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada dua Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang mendapat modal dari CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara. Modal itu berasal dari gaji Belva sebagai Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dua UMKM itu yakni Hamparan Rintik dan MERITS, yang akan mendapat modal Rp 20 juta masing-masing. Keduanya mengalahkan 398 pendaftar program CiptaNyata fase pertama.

Keduanya melalui proses penilaian dari Belva dan relawan CiptaNyata, yang meliputi penilaian proposal bisnis, business model canvas, dan video bisnis. “Mereka menjadi pemenang karena karyanya yang terbaik dari tiga kriteria penilaian,” kata Belva dalam siaran pers, hari ini (8/1).

Hamparan Rintik merupakan UMKM batik, digarap oleh Fikrah Ryanda Saputra (24 tahun). UMKM berbasis di Malang ini memiliki prinsip bisnis yang ramah lingkungan dengan konsep zero waste dan penggunaan pewarna alam. 

Sedangkan MERITS memproduksi wooden clutch bag , dikelola oleh Dania Arsella (23 tahun). Sama dengan Hamparan Rintik, MERITS juga mengandalkan barang tidak terpakai. UMKM ini juga mengutamakan keselarasan pertumbuhan ekonomi dan prinsip keberlanjutan lingkungan.

(Baca: Lebih 100 UMKM Antre Terima Modal dari Gaji Stafsus Jokowi)

Pendaftaran program CiptaNyata tahap pertama memang berfokus pada tema fashion pada Desember 2019. Peserta dapat mengunggah proposal usaha dan video untuk menjelaskan bidang usaha tersebut melalui situs www.ciptanyata.com.

“Saya harap bantuan dana dan program mentorship yang diberikan dapat mengakselerasi dan memberikan solusi kepada permasalahan bisnis mereka,” kata Belva.

Pada tahap pertama itu, Belva juga mengapresiasi lima UMKM. Pertama, Dama Kara bisnis pakaian dengan desain yang digambar oleh rekan-rekan autism. Kedua, Aksara Nusantara yang memproduksi jam tangan melestarikan budaya aksara.

Ketiga, Wear Black yaitu marketplace yang berfokus membantu content creation, marketing, dan collaboration platform. Keempat, Gora Bali memproduksi tas kulit dengan aksen Bali. Terakhir, Javaiden yang mengolah jumput batik digabungkan dengan seni, fashion, dan ilmu pengetahuan.

(Baca: Jadi Staf Khusus Jokowi, CEO Ruangguru Sumbang Gaji untuk Modal UMKM)

Belva memberikan seluruh gaji bersihnya sebagai Staf Khusus Jokowi sebesar Rp 40 juta per bulan kepada dua UMKM melalui program CiptaNyata. Gaji kotor Belva mencapai Rp 51 juta.

Tidak hanya mendapatkan bantuan modal, pemenang bakal mendapat arahan langsung dari praktisi di lini usaha yang diajukan. Dana yang diberikan kepada kedua UMKM itu  merupakan pemberian, bukan pinjaman. 

Belva dan tim relawan CiptaNyata akan menjalankan program tersebut selama enam bulan di tahap awal. Setelah itu, Belva akan mengevaluasi program itu. 

Pendaftaran program CiptaNyata fase kedua dibuka hari ini (8/1) hingga 22 Januari. Tema yang diangkat yaitu makanan dan minuman.

(Baca: CEO Startup Diuntungkan dari Rangkap Jabatan Staf Khusus Jokowi)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan