Kalahkan 398 Peserta, 2 UMKM Dapat Modal dari Staf Khusus Jokowi Belva

Fahmi Ahmad Burhan
8 Januari 2020, 19:11
Kalahkan 398 Peserta, dua UMKM Dapat Modal dari Staf Khusus Jokowi sekaligus CEO Ruangguru Belva Devara
instagram/@belvadevara
Ilustrasi, Staf Khusus Jokowi sekaligus CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada dua Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang mendapat modal dari CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara. Modal itu berasal dari gaji Belva sebagai Staf Khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dua UMKM itu yakni Hamparan Rintik dan MERITS, yang akan mendapat modal Rp 20 juta masing-masing. Keduanya mengalahkan 398 pendaftar program CiptaNyata fase pertama.

Advertisement

Keduanya melalui proses penilaian dari Belva dan relawan CiptaNyata, yang meliputi penilaian proposal bisnis, business model canvas, dan video bisnis. “Mereka menjadi pemenang karena karyanya yang terbaik dari tiga kriteria penilaian,” kata Belva dalam siaran pers, hari ini (8/1).

Hamparan Rintik merupakan UMKM batik, digarap oleh Fikrah Ryanda Saputra (24 tahun). UMKM berbasis di Malang ini memiliki prinsip bisnis yang ramah lingkungan dengan konsep zero waste dan penggunaan pewarna alam. 

Sedangkan MERITS memproduksi wooden clutch bag , dikelola oleh Dania Arsella (23 tahun). Sama dengan Hamparan Rintik, MERITS juga mengandalkan barang tidak terpakai. UMKM ini juga mengutamakan keselarasan pertumbuhan ekonomi dan prinsip keberlanjutan lingkungan.

(Baca: Lebih 100 UMKM Antre Terima Modal dari Gaji Stafsus Jokowi)

Pendaftaran program CiptaNyata tahap pertama memang berfokus pada tema fashion pada Desember 2019. Peserta dapat mengunggah proposal usaha dan video untuk menjelaskan bidang usaha tersebut melalui situs www.ciptanyata.com.

“Saya harap bantuan dana dan program mentorship yang diberikan dapat mengakselerasi dan memberikan solusi kepada permasalahan bisnis mereka,” kata Belva.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement