Kunjungi Natuna, Jokowi Ingin Tegaskan Hak Berdaulat RI di Laut

Image title
Oleh Antara
8 Januari 2020, 15:26
jokowi, natuna, tni
Katadata
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada awak media di Natuna, Kep. Riau (8/1). Jokowi beralasan kedatangannya ke Natuna untuk memastikan penegakan hukum atas kedaulatan RI. (Foto: Biro Pers Setpres)

Presiden Joko Widodo alias Jokowi menegaskan kehadirannya di Natuna, Kepulauan Riau untuk memastikan penegakan hukum atas hak berdaulat RI di wilayah tersebut. Makanya ia membawa TNI Angkatan Laut dan Badan Keamanan Laut (Bakamla) untuk meninjau Natuna.

Kawasan ini sedang menghangat menyusul adanya kapal Tiongkok yang masuk dan beroperasi secara ilegal. Bahkan usai dihalau KRI Tjiptadi-381 milik TNI AL mereka tak juga keluar dari zona ekonomi eksklusif (ZEE) RI.

Advertisement

“Saya ingin pastikan hak berdaulat negara kita atas kekayaan laut di ZEE,” kata Jokowi di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (8/1).

(Baca: Jokowi Kunjungi Natuna di Tengah Ketegangan dengan Tiongkok)

Jokowi mengakui ada kapal asing yang masuk ZEE sejauh 200 mil dari garis pantai Natuna. Namun tidak ada kapal negara lain yang masuk ke wilayah teritorial RI sejauh 12 mil dari pantai.

Presiden juga mengatakan semua kapal bisa melewati ZEE, namun dia mengingatkan bawahannya jangan sampai mereka mencuri di zona tersebut. “Namanya kedaulatan tidak ada tawar menawar,” ujar Presiden.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement