Enggan Balas Iran secara Militer, Trump Bakal Beri Sanksi Ekonomi

Agustiyanti
9 Januari 2020, 07:33
Donald Trump, Iran vs Amerika, serangan iran ke as, konflik iran-as, perang dunia ketiga
ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner
Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan memberikan sanksi ekonomi tambahan terhadap Iran.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan pihaknya tidak perlu menanggapi secara militer serangan Iran terhadap pangkalan militer yang menampung pasukan AS di Irak. Pasalnya, tak ada orang Amerika yang terluka dalam serangan pada Rabu (8/1).

“Kenyataan bahwa AS memiliki peralatan dan militer yang hebat ini tidak berarti kita harus menggunakannya. Kami tidak ingin menggunakannya. Kekuatan Amerika, baik militer maupun ekonomi, adalah pencegah terbaik," ujar Trump, dikutip dari Reuters.

Trump tak lagi memberikan ancaman tindakan militer, melainkan sanksi ekonomi tambahan atas tindakan yang disebutnya sebagai agresi Iran. Namun, ia tak menjelaskan secara spesifik.

Pidato Trump tersebut melunak dibandingkan pernyataan-pernyataan sebelumnya terkait konflik dengan Iran.  Ia sebelumnya berjanji untuk menyerang jika Iran membalas AS atas serangan yang membunuh Petinggi Militer Iran Qassem Soleimani.

(Baca: Balas Dendam, Iran Luncurkan Belasan Rudal ke Pangkalan AS di Irak)

Trump pada Sabtu bahkan mengatakan Amerika Serikat telah menargetkan serangan terhadap 52 situs budaya Iran. Pernyataan tersebut kemudian dikritik oleh sekutu politik AS. Ia  kemudian meralat pernyataannya dengan mengatakan bahwa AS akan mematuhi hukum internasional tentang masalah ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...