IHSG Sesi I Ditutup Menguat 0,23%, Saham Sektor Tambang Jeblok

Image title
9 Januari 2020, 13:22
IHSG, IHSG sesi I, saham sektor perdagangan, saham sektor migas, konfik as-iran, iran vs amerika
Ilustrasi. IHSG pada perdagangan sesi pertama hari ini, Kamis (9/1) ditutup naik 0,23% ke level 6.239,73.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan sesi pertama hari ini, Kamis (9/1), ditutup naik 0,23% ke level 6.239,73. Penguatan indeks di dorong oleh saham-saham pada sektor agrikultur, sedangkan sektor pertambangan yang sebelumnya melesat berakhir terkoreksi.

Adapun penguatan IHSG seiring respons Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang 'melunak' terkait serangan balasan Iran terhadap pangkalan militer AS di Irak.

Trump tadi malam menyatakan AS tidak perlu menanggapi serangan Iran terhadap pangkalan militer yang menampung pasukan AS di Irak secara militer. Ia juga menyebut tak ada orang Amerika yang terluka dalam serangan pada Rabu (8/1).

Namun perkembangan terbaru, serangan roket kembali menghantam Irak di lokasi kedutaan besar AS berada.  Adapun AS belum memberikan respons terkait kondisi ini. 

Direktur Riset dan Investasi Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus menjelaskan setiap perkembangan kondisi konflik antara Iran dan AS dapat memberikan sentimen terhadap pasar. Ia berharap pertikaian AS dan Iran dapat mereda sebelum 15 Januari 2020, saat AS dan Tiongkok meneken kesepakatan dagang tahap I. 

"Dengan kesepakatan dagang antara AS dan Tiongkok setelah perang dagang selama hampir 19 bulan, akan membuat dunia menjadi lebih baik lagi," terang dia. 

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...