Tingkatkan Pengawasan, Kemenhub Kirim Dua Kapal Patroli ke Natuna

Rizky Alika
9 Januari 2020, 10:14
Kemenhub, Natuna
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilutrasi, prajurit TNI AL melakukan upacara penurunan bendera di geladak KRI Usman Harun-359 yang bersandar di Faslabuh Lanal Ranai, Teluk Lampa, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (8/1/2020). Kementerian Perhubungan menambah dua kapal untuk mengawasi Perairan Natuna.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengirimkan dua kapal patroli ke Perairan Natuna. Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Ahmad mengatakan pengiriman kapal tersebut dalam rangka meningkatkan pengawasan dan pengamanan keselamatan pelayaran.

Selain itu, Kemenhub ingin mengantisipasi dan menciptakan situasi yang kondusif di Natuna. Adapun, kapal yang akan dikirimkan ke Natuna merupakan Kapal Patroli milik Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban KN. Sarotama-P.112 dan kapal KN. Kalimasada-P.115.

Keputusan ini berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dipimpin oleh Komandan Guspurla Armada I Laksamana Pertama Didong di KRI Usman Harun 359. “Kemenhub dan instansi lain diminta untuk berpartisipasi dalam operasi Natuna,” kata Ahmad seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (8/1).

Kapal KN. Sarotama-P.112 sudah siaga di Perairan Natuna sejak Minggu (5/1). Sedangkan, kapal KN. Kalimasada P-115 akan diberangkatkan Jumat (10/1).

Ahmad menjelaskan, kapal KN. Sarotama-P.112 berangkat dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban pada Jumat (3/1) jam 14.30 WIB tujuan Natuna. Kapal tersebut dikirimkan dalam rangka Pengawasan dan Pengamanan (Waspam) Keselamatan pelayaran dan Waspam Nataru dan tiba di Selat Lampa, Natuna pada Senin (5/1) pukul 03.10 WIB.

(Baca: Luhut Sebut Tiongkok di Natuna Tak Langgar Teritori RI)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...