TNI: Usai Jokowi Datang ke Natuna, Kapal Tiongkok Keluar Dari ZEE RI

Ameidyo Daud Nasution
9 Januari 2020, 15:04
tni, natuna, tiongkok, jokowi
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pergerakan kapal Coast Guard China melalui layar yang tersambung kamera intai Pesawat Boeing 737 Intai Strategis AI-7301 Skadron Udara 5 Wing 5 TNI AU saat melakukan patroli udara di Laut Natuna, Sabtu (4/1/2020). TNI hari Kamis (9/1) mengatakan kapal tersebut sudah keluar dari ZEE RI.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyebut kapal-kapal Tiongkok yang sebelumnya memancing ikan secara ilegal di perairan Natuna Utara saat ini telah keluar dari Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Sisriadi mengatakan TNI Angkatan udara telah melakukan pengintaian udara dan kapal tersebut terlihat sudah meninggalkan wilayah RI.

Keluarnya kapal coast guard dan kapal ikan Tiongkok ini hanya satu hari usai kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Natuna. Sisriadi menduga kedatangan Jokowi jadi pesan kuat kepada pemerintah Tiongkok.

Advertisement

“Saya kira dibaca cermat oleh Beijing dan kapal nelayan yang di-back up coast guard mereka sudah meninggalkan ZEE,” kata Sisriadi, Kamis (9/1).

(Baca: Kunjungi Natuna, Jokowi Ingin Tegaskan Hak Berdaulat RI di Laut)

Namun sesuai perintah Jokowi, TNI tetap menggelar operasi rutin guna mengamankan wilayah perairan Natuna. Jika kondisi keamanan berangsur stabil, penjagaan juga akan diperkuat di wilayah lainnya.

Halaman:
Editor: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement