Tokopedia: Kenaikan Penjual dan Pembeli Tertinggi 2019 dari Luar Jawa

Cindy Mutia Annur
9 Januari 2020, 11:15
tokopedia, e-commerce, belanja online
ilustrasi/Tokopedia
Riset Tokopedia menunjukan transaksi terjauh dilakukan antara pedagang dan pembeli dari Papua ke Aceh dan sebaliknya pada sepanjang 2019.

Tokopedia mencatat peningkatan jumlah penjual dan pembeli yang signifikan dari luar Pulau Jawa sepanjang 2019.  Lima daerah dengan kenaikan penjual dan pembeli tertinggi berasal dari luar pulau dengan penduduk terpadat di Indonesia tersebut. 

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak menyebutkan pertumbuhan jumlah penjual yang tinggi juga terjadi di Sulawesi Utara, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Utara. Sementara jumlah pembeli dengan pertumbuhan tertinggi berasal dari Aceh, Bali, Kalimantan Timur, serta Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

"Kami melihat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat dalam bertransaksi online. Hal ini tampak salah satunya dari signifikansi peningkatan jumlah penjual maupun pembeli di luar pulau Jawa sepanjang 2019,” ujar Nuraini dikutip dari keterangan resmi, Kamis (9/1). 

(Baca: Bukalapak & Tokopedia Tanggapi YouTube Play Button Palsu Dijual Online)

Riset Tokopedia menunjukan transaksi terjauh dilakukan antara pedagang dan pembeli dari Papua ke Aceh dan sebaliknya pada sepanjang 2019. Terdapat konsumen Papua yang membeli cincin batu kecubung api dari penjual di Aceh dan konsumen Aceh yang membeli produk sepatu lokal dari penjual di Papua. 

"Ini menjadi bukti bahwa dampak pemerataan ekonomi digital sudah bisa dirasakan di berbagai penjuru Indonesia," jelas Nuraini.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...