5 Gedung Kemenkeu Kebanjiran, Total Kerugian Capai Rp 50,6 Miliar

Agatha Olivia Victoria
10 Januari 2020, 18:37
gedung kementerian keuangan, banjir, kerugian,
Kemenkeu KATADATA | Arief Kamaludin
Lima gedung Kementerian Keuangan kebanjiran, total kerugian diperkirakan mencapai Rp 50,6 miliar.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan ada lima gedungnya yang terdampak banjir di awal tahun ini. Total kerugian akibat banjir yang diderita kementerian yang dipimpin Sri Mulyani ini diperkirakan mencapai miliaran rupiah.

"Nilai pertanggungannya Rp 50,6 miliar dari lima gedung," kata Direktur Barang Milik Negara Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Encep Sudarwan dalam media briefing di kantornya, Jakarta, Jumat (10/1).

Dia memerinci, nilai tersebut terdiri dari yang nilainya paling besar yaitu gedung Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Selatan dengan total kerugian senilai Rp 24,9 miliar, Balai Laboratorium Bea dan Cukai Tipe A Jakarta Rp 9,5 miliar, serta gedung Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibitung yang bernilai Rp 8,4 miliar.

Kemudian gedung Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibinong dengan total kerugian akibat banjir senilai Rp 6,3 miliar, dan gedung Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Utara Rp 1,5 miliar.

(Baca: Korban Banjir Gugat Anies Baswedan, Begini Prosedur Class Action)

Meski begitu, Encep mengatakan bahwa Kemenkeu telah mengasuransikan 1.360 Barang Milik Negara (BMN) senilai Rp 10,8 triliun dengan premi sebesar Rp 21 miliar berupa gedung dan bangunan kepada konsorsium asuransi.

"Pada hari Jumat (3/1) kemarin, Sekretariat Jenderal Kemenkeu telah melaporkan insiden banjir ini kepada Konsorsium Asuransi BMN," ucap dia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...