BEI Bakal Ungkap Data Transaksi Saham Jiwasraya kepada BPK

Image title
10 Januari 2020, 19:38
bursa efek indonesia, jiwasraya, bpk, data transaksi
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
BEI akan bekerja sama dengan BPK dan Kejaksaan Agung menyediakan data transaksi Jiwasraya di pasar saham.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mendukung proses penegakan hukum yang tengah berlangsung terhadap kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Dukungan itu berupa koordinasi dengan Kejaksaan Agung dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Kristian Sihar Manulang mengatakan bursa bakal memfasilitasi langkah penegak hukum dengan memberikan data transaksi yang dilakukan oleh Jiwasraya. "Data transaksi terutama yang kami fasilitasi," katanya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (10/1).

Advertisement

Kristian menyatakan bahwa pihak bursa sudah melakukan koordinasi dengan pihak penegak hukum pada pekan ini dan akan berlanjut pada pekan depan. "Kami akan mendukung semua upaya penegakan hukum dan penuntasan kasus," katanya.

Seperti diketahui, BPK memeriksa semua pihak yang berhubungan dengan kasus ini, termasuk Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BEI, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta pada tingkat korporasi. BPK juga akan menghitung kerugian negara akibat adanya kasus gagal bayar Jiwasraya.

(Baca: Trimegah Sekuritas Akui Pernah Transaksikan Saham untuk Jiwasraya)

Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan Jiwasraya merekayasa salah satu produknya yakni JS Saving Plan. Rekayasa tersebut, berupa harga saham yang dibeli tak sesuai dengan harga yang sebenarnya.

"Produk ini diduga rentan konflik kepentingan karena Jiwasraya mendapat fee atas penjualan produk tersebut," ujarnya dalam Konferensi Pers di kantornya, Rabu (8/1).

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement