Mari Pangestu, Direktur Bank Dunia yang Sempat Ingin Jadi Jurnalis

Sorta Tobing
10 Januari 2020, 12:06
mari elka pangestu, direktur bank dunia, sri mulyani
Arief Kamaludin | Katadata
Mari Elka Pangestu terpilih sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia.

Presiden Bank Dunia David Malpass baru saja mengumumkan penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia. Pengangkatannya berlaku efektif pada 1 Maret 2020.

Mari dianggap berpengalaman sebagai menteri senior, ekonom, dan peneliti yang telah mendapat pengakuan secara global. “Kami dengan senang menyambut Mari ke Bank Dunia dalam peran pentingnya bagi institusi ini,” kata Malpas, Jumat (10/1).

Advertisement

Perempuan kelahiran Jakarta, 23 Oktober 1956 itu merupakan menteri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jabatan Menteri Perdagangan ia emban pada 2004-2011. Lalu, Mari menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 2011 hingga Oktober 2014.

Usai tak lagi di pemerintahan, Mari saat ini menjadi Senior Fellow di Columbia School of International and Public Affairs, professor ekonomi internasional di Universitas Indonesia, asisten profesor di Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew.

Ia juga menjabat sebagai asisten profesor di Crawford School of Public Policy, Australian National University, Anggota Dewan Indonesia Bureau of Economic Research serta Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Jakarta.

Terkait pengangkatannya, Mari mengatakan hal ini merupakan kehormatan besar. “Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini pada tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia,” ucapnya.

(Baca: Setelah Sri Mulyani, Mari Pangestu Ditunjuk jadi Direktur Bank Dunia)

Halaman:
Reporter: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement