PUPR Kebut Perbaikan Sementara Tanggul Jebol di Sejumlah Daerah

Image title
11 Januari 2020, 18:46
tanggul jebol, menteri pupr, basuki hadimuljono, antisipasi banjir
ANTARA FOTO/Aji Styawan
Salah satu titik tanggul yang jebol di Sungai Tuntang, Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (9/1/2020). Menteri PUPR berkomitmen untuk menambal tanggul yang jebol di berbagai daerah dalam waktu 2-3 hari.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan mengebut pengerjaan konstruksi sementara perbaikan sejumlah tanggul yang jebol di berbagai daerah. Hal ini untuk mengantisipasi banjir yang lebih besar pada puncak musim hujan yang diperkirakan terjadi pada Februari 2020.

"Saya baru tahu ada 6 titik (tanggul yang jebol). Ada yang di Lebak, Bogor, Bekasi, sekarang di Grobogan. Ini harus saya tangani saya selesaikan dalam 2 - 3 hari ini," ujarnya saat meninjau jebolnya tanggul di Bendungan Glapan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Sabtu (11/1).

Advertisement

Basuki menjelaskan, keenam titik tanggul yang jebol menyebabkan banjir di beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatera. Oleh karena itu, konstruksi tanggul sementara harus diselesaikan dalam waktu dekat, sementara konstruksi permanen akan digarap BUMN.

Menurut dia, jebolnya tanggul pada sejumlah titik ini merupakan kondisi darurat sehingga harus sesegera mungkin diperbaiki. Nantinya, anggaran pembiayaan akan dibayarkan ketika proses pengerjaan telah selesai.

(Baca: BMKG: Hujan Besar dan Laut Pasang Ancam Jakarta pada Akhir Pekan Ini)

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement