SKK Migas Harap Negosiasi Transisi Blok Rokan Rampung Akhir Januari

Image title
13 Januari 2020, 11:11
SKK Migas mengatakan Keberhasilan Transisi Blok Rokan Bergantung pada diskusi pertamina dan chevron
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, logo Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dalam acara Gas indonesia Summit & Exhibition 2019 di JCC, jakarta Pusat (1/8).

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menilai, keberhasilan proses transisi di Blok Rokan bergantung pada diskusi Business to Business (BtoB) antara Chevron Pacific Indonesia (CPI) dan Pertamina. SKK Migas berharap diskusi itu rampung bulan ini.

Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffee Suardin mengatakan, lembaganya sedang menyiapkan beberapa program yang nantinya dikerjakan Pertamina di Blok Rokan. Karena itu, diskusi antara Chevron dan Pertamina merupakan hal penting untuk menekan penurunan produksi di blok migas itu.

"Nanti lihat hasil BtoB-nya seperti apa. Kami hanya bantu siapkan program. Jadi begitu diskusi selesai, kami bisa langsung mulai," ujar Jaffee di Gedung Kementerian ESDM, akhir pekan lalu (10/1).

Pemerintah berharap Pertamina dapat segera melakukan pengeboran 72 sumur di Blok Rokan. Pengeboran tersebut nantinya dilakukan secara bertahap.

"Tergantung kapan early hand over-nya selesai. Semakin cepat, semakin banyak jumlah sumurnya," ujar Jafee. (Baca: SKK Migas Targetkan Negosiasi Alih Kelola Blok Rokan Rampung Bulan Ini)

Selain itu, Pertamina telah memulai pengadaan long lead item atau peralatan untuk pengeboran di Blok Rokan. Peralatan ini merupakan barang-barang dengan spesifikasi khusus yang disesuaikan dengan karakteristik sumur.

"Saya dengar dari mereka sudah mulai ya (pengadaan long lead item). Belum kami cek, yang pasti lagi diskusi berapa programnya. Do’akan saja," kata Jaffee.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...