Bertemu MPR, KPK Janji Pemberantasan Korupsi Tak Buat Gaduh

Dimas Jarot Bayu
14 Januari 2020, 16:19
mpr, kpk, korupsi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ketua MPR Bambang Soesatyo berpidato di SETARA Institute di Jakarta, Senin (11/11/2019). Usai bertemu pimpinan KPK hari Selasa (15/1), Bambang mengatakan upaya pemberantasan rasuah tak akan menimbulkan kegaduhan yang ganggu investasi.

 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan bahwa upaya pemberantasan rasuah tak akan menimbulkan kegaduhan. Hal tersebut disampaikan para pimpinan KPK saat bertemu pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (14/1).

Pertemuan digelar selama tiga jam sejak pukul 11.00 WIB. Pimpinan KPK yang hadir adalah Ketua KPK Firli Bahuri dan tiga wakilnya yakni Alexander Marwata, Nawawi Pamolango, dan Lili Pintauli Siregar. Mereka bertemu Ketua MPR Bambang Soesatyo, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah dan Ahmad Muzani.

Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, komitmen tersebut diungkapkan KPK karena tak ingin mengganggu perekonomian nasional. Sebab, kegaduhan ketika pemberantasan korupsi tersebut bisa berdampak kepada investasi yang masuk.

Padahal, Bamsoet menyebut iklim investasi di Indonesia telah susah payah dibangun oleh pemerintah. “Artinya tidak boleh (pemberantasan korupsi) ini menakut-nakuti,” kata Bamsoet.

(Baca: DPR Kritik KPK Karena Umumkan Rencana Penggeledahan Kantor PDIP)

Bamsoet pun mengonfirmasikan langsung pernyataan kepada empat pimpinan KPK yang hadir. “Bukan begitu?” tanya Bamsoet. Keempatnya kemudian mengangguk sembari mengiyakan hal itu.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...