BI Prediksi Ekspansi Industri Manufaktur Meningkat pada Kuartal I 2020

Agatha Olivia Victoria
14 Januari 2020, 13:24
BI Prediksi Ekspansi Industri Manufaktur Meningkat pada Kuartal I 2020
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi, kegiatan manufaktur.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan, ekspansi industri manufaktur meningkat pada kuartal I 2020. Hal tersebut tercermin dari Promp Manufacturing Index (PMI BI) yang diprediksi meningkat menjadi 52,73% pada awal tahun ini.

"Ekspansi kegiatan usaha diperkirakan terjadi pada sebagian besar subsektor, dengan ekspansi tertinggi pada industri semen dan barang galian non-logam," demikian dikutip dari siaran pers BI, Selasa (14/1).

Advertisement

PMI pada subsektor semen dan barang galian non-logam diproyeksi naik dari 57,43% menjadi 56,85%. Ekspansi pada subsektor ini didorong oleh peningkatan volume produksi dan spesanan barang input, serta persediaan barang jadi dan tenaga kerja.

Selanjutnya, PMI industri barang kayu dan hasil hutan lainnya diperkirakan meningkat dari 50,36% menjadi 53,79%. Peningkatan ini didorong oleh ekspansi yang terjadi di seluruh komponen subsektor ini.

(Baca: Sektor Manufaktur AS Anjlok akibat Perang Dagang, Terdalam Sejak 2009)

PMI industri makanan, minuman dan tembakau naik dari 52,47% menjadi 53,03%. Ekspansi industri ini didorong oleh volume produksi, persediaan dan tenaga kerja. Hal ini sejalan dengan upaya produsen memenuhi peningkatan permintaan saat Ramadan dan Idul Fitri.

Kemudian, PMI industri pupuk, kimia dan barang dari karet naik dari 51,48% menjadi 52,92%. Begitu juga dengan PMI industri tekstil, barang kulit dan alas kaki meningkat dari 49,71% menjadi 52,09%.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement