ESDM Klaim Iklim Investasi Hulu Migas RI Masih Menarik Buat Asing

Image title
14 Januari 2020, 16:50
investasi hulu migas, kementerian esdm, iklim investasi migas
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas. Kementerian ESDM mengklaim iklim investasi migas di Indonesia masih menarik bagi investor asing.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, investasi hulu migas di Indonesia masih cukup menarik bagi investor global. Buktinya, beberapa perusahaan energi dunia tertarik untuk ikut mengembangkan dan menambah jumlah kepemilikan lapangan migas di Indonesia.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Mustafid Gunawan mengungkapkan salah satunya yaitu British Petroleum atau BP selaku perusahaan migas seven sisters yang digadang-gadang akan melakukan kegiatan eksplorasi di wilayah terbuka.

Advertisement

Selain BP, Neptune Energy yang baru saja memenangkan lelang blok migas West Ganal juga menyatakan komitmennya untuk pengembangan blok tersebut. Neptune Energy mengelola Blok West Ganal bersama anggota konsorsium lainnya yakni Pertamina dan Eni Indonesia Limited.

"Neptune Energy di West Ganal. BP sedang berdiskusi pembahasan untuk lakukan survei di luar WK, pengalihan komitmen yang masih diproses. Dana cukup besar sekali," ujar Mustafid saat ditemui di Kantor Ditjen Migas, Jakarta, Selasa (14/1).

(Baca: Inilah 11 Proyek Migas yang Siap Berproduksi Tahun Ini)

Selain itu, dia menegaskan bahwa untuk menjaring investor migas kelas kakap dan mendorong investasi hulu migas yang beberapa tahun terakhir ini lesu, Kementerian ESDM akan membuka akses terhadap data mentah migas.

Kebijakan ini bisa diterapkan seiring telah terbitnya Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 7 Tahun 2019 tentang pengelolaan dan pemanfaatan data migas. Aturan tersebut merupakan revisi dari Permen ESDM Nomor 27 Tahun 2006.

Untuk bisa mengakses data migas, kontraktor cukup mendaftarkan diri sebagai anggota, membayar iuran sekali dalam setahun dan dapat mengakses data sesuai ketentuan Permen. Hanya saja menurut Mustafid saat ini pemerintah sedang dalam proses menyiapkan besaran biaya iuran.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement